Drainase Jalan Kuripan Buntu, Jadi Penyebab Genangan di Gang 11

Banjarmasin, KP – Penyebab utama genangan air di gang 11 Jalan Kuripan, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur akhirnya diketahui.

Hal itu terungkap saat Dinas PUPR Banjarmasin memantau kondisi jalan yang sudah lama dikeluhkan warga tersebut pada Kamis (4/8) siang.

Dari pemantauan, diketahui penyebab utama genangan air yang terdiam lama, itu akibat dari buntunya drainase di pinggir Jalan Kuripan.

“Faktor utama, penyumbatan drainase yang sudah lama terjadi di samping jalan utama Jalan Kuripan,” ucap Lurah Kuripan, Yoyok Hardianto, seusai mendampingi dinas terkait melakukan pemantauan.

Karena itulah menurutnya setiap kali hujan mengguyur, dan genangan air terjadi di Jalan Kuripan, limpasannya kemudian menyerbu ke dalam jalan gang.

Alhasil, lantaran tidak ada saluran pembuangan, air pun lambat mengering.

“Ditambah lagi, karena permukaan Jalan Kuripan memang lebih tinggi dari jalan gang,” ungkapnya.

Disinggung terkait penanganan, Yoyok menjelaskan bahwa Dinas PUPR berjanji bakal menerjunkan Pasukan Turbo (petugas khusus pembersihan drainase) yang dinaungi Dinas PUPR dalam waktu dekat

Berita Lainnya
1 dari 5.122
loading...

“Sehari atau dua hari ini, petugas akan datang,” ucapnya.

Di sisi lain, Ketua RT 8 di Kelurahan Kuripan, H saipul menyatakan bahwa kondisi yang menimpa jalan Gang XI, sudah dialami warga sejak lama. Paling parah, ketika banjir besar pada awal tahun 2021 lalu.

“Berhubung tak ada aliran yang menuju ke sungai alias tertutup, makanya air tidak bisa kemana-mana. Mau tak mau menunggu kering sendiri,” ucapnya.

“Kondisi ini jelas mengganggu warga. Semoga lekas ada solusi, dan dibenahi. Kalau bisa, buatkan juga saluran air untuk gang-gang ini,” harapnya.

Kembali ke Yoyok, dalam hal penanganan, Dinas PUPR Banjarmasin menurutnya sudah merencanakan bahkan bakal melakukan perbaikan drainase di Kelurahan Kuripan.

“Informasi yang saya terima, drainase akan dibangun ulang. Tepatnya di sisi sebelah kiri jalan. Atau di sisi Pasar Kuripan. Anggaran sudah dialokasikan. Pelaksanaan mungkin dikerjakan tahun ini atau tahun depan,” jelasnya.

Adapun untuk penanganan drainase di kanan Jalan Kuripan, yakni dengan menerjunkan Pasukan Turbo tadi.

Lantas, bagaimana dengan harapan warga Gang XI yang meminta adanya pembuatan saluran air? Terkait hal itu Yoyok mengaku bakal mengkonsultasikannya terlebih dahulu.

“Salutan air tidak bisa dibuat sembarangan. Karena khawatirnya, bila sungai meluap jalan lainya lagi yang bakal tergenang. Harus perlu pertimbangan,” pungkasnya. (Kin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya