Gubernur Paman Birin buka pelatihan Tanggap kebencanaaan Pemuda se Kalsel

Martapura, KP – Gubernur Kalimantan Selatan, H Syahbirin Noor didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalsel H Hermansyah, meresmikan Pelatihan Tanggap Kebencanaan bagi Organisasi Kepemudaan di Kalsel, di Alam Roh 20 Kiram Park Kabupaten Banjar, Senin (28/11/2022).

Pelatihan ini diberikan untuk mempersiapkan anggota organisasi pemuda agar menjadi relawan tanggap bencana, dan memiliki kemampuan mengelola kegiatan penanggulangan kebencanaan di Kabupaten/Kota se Kalsel.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan berdasarkan peraturan daerah

Provinsi Kalsel no 6 tahun 2017, tentang perubahan atas peraturan daerah no 12 tahun 2011 tentang penyelenggara penanggulangan bencana di Provinsi Kalsel, dimana peraturan ini mengatur penyelenggaraan penanggulangan bencana sistem peringatan dini diseluruh Kalsel

“Berdasarkan peraturan undang-undang tersebut penanggulangan bencana khususnya di kalsel lebih mengedepankan upaya-upaya preventif dibanding upaya responsif,” kata Gubernur Paman Birin sapaan akrabnya Sahbirin Noor, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, Pelatihan tanggap bencana bagi pemuda ini merupakan bagian penting dan upaya preventif dalam mengurangi resiko bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Edukasi dan ajakan bagi para pemuda untuk peduli terhadap bencana serta menanamkan nilai sosial kemanusian.

Berita Lainnya

Kalsel Bersiap Jadi Tuan Rumah POMNAS 2023

Singing Contest Ramaikan Perayaan Cap Go Meh

1 dari 857
loading...

“Kegiatan ini diharapkan mampu memperkaya pengalaman serta memberikan pemahaman bagi para pemuda bagaimana kondisi dan hambatan yang ada disekitar kita dalam penanganan bencana,” papar Paman Birin.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah menambahkan tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan pembekalan para pemuda agar berperan aktif dalam penanggulangan kebencanaan di Kabupaten/kota se Kalsel.

“Jadi ada sebanyak 78 pemuda dari organisasi kepemudaan se Kalsel mengikuti pelatihan tanggap kebencanaan selama tiga hari mulai tanggal 28-30 November 2022,” kata Hermansyah.

Herman berharap dengan pelatihan ini peran pemuda bisa memberikan bukti nyata untuk masyarakat, khususnya dalam penanggulangan kebencanaan. Dimana selama ini organisasi kepemudaan bergerak diberbagai bidang. Namun baru sekarang ada pelatihan terkait kebencanaan.

“Oleh karena itu ini kami munculkan para pemuda dan diberikan pelatihan agar nanti organisasi kemasyarakatan khususnya berusia 17 tahun sampai 30 tahun punya kesempatan untuk berbakti khususnya masalah kebencanaan, sehingga organisasi kepemudaan yang dibina Dispora Kalsel sudah siap punya pasukan dalam penanganan bencana,” pungkasnya.

Pembukaan pelatihan tersebut, juga dihadiri Sekretaris Dispora, Fathul Bahri, Kabid Pembudayaan Olahraga Budiono, Kabid Prestasi Olahraga, Heru Susmianto, Kabid Pengembangan Pemuda, Rokhyatin Effendi. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya