Yani Helmi Tanamkan Wawasan Kebangsaan Sedini Mungkin

Batulicin, KP – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi kembali menanamkan pemahaman atas implementasi nilai-nilai Pancasila di SMP Negeri 1 Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.


“Jadi pemahaman nilai-nilai Pancasila ini perlu ditanamkan sedini mungkin,” kata Yani Helmi, usai Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Soswasbang), Senin (14/11) siang.


Yani Helmi mengatakan, Soswasbang ini baru pertama kali dilaksanakan di tingkat SMP, namun hal ini penting untuk memproteksi generasi muda dari pengaruh luar, terutama pemahaman bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“Jadi sejak awal mereka mengerti pentingnya mempertahankan NKRI dan tidak terpancing perpecahan, khususnya generasi muda di banua,” tambah politisi Partai Golkar.


Untuk itu, wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel VI, meliputi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru ini mengharapkan siswa dapat menyimak dan menyerap materi, serta mampu mengamalkan dan mengimplementasikannya.


“Kita bersyukur, mereka yang hadir ternyata cerdas. Ini yang diharapkan dari penerus bangsa,” tambah Paman Yani, panggilan akrab Yani Helmi.

loading...


Paman Yani juga turut andil membuka sejarah tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia selama masa penjajahan, serta berbagi pengalaman bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.


“Perjuangan pahlawan harus dijunjung dan diapresiasi, serta mengamalkannya, seperti menunjukkan sebuah prestasi atau menghormati guru, karena mereka juga pahlawan,” paparnya.


Selain itu, ia mengharapkan, generasi muda yang kini duduk di sekolah menegah pertama ini bisa menggapai mimpi, bahkan mampu menjadi kebanggaan bangsa dan negara.


“Kita pernah dijajah. Namun, generasi muda harus menjadi ujung tombak pembangunan, perekonomian hingga peningkatan pendidikan, agar negara ini terus berkembang dan maju,” ungkap Paman Yani.


Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Kusan Hilir, Darwanto mengatakan, pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sangat baik ditanamkan kepada peserta didik, agar kerukunan serta persatuan terjaga selaras dan seimbang.


“Kami mengapresiasi Paman Yani, yang berkontribusi memberikan pembinaan kepada siswa. Mudah-mudahan ini dapat diimplementasi agar persatuan tetap terjaga aman dan terkendali,” katanya. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya