Batfest 2022 Libatkan 500 UMKM dan PKL, Dorong Geliat Ekonomi Batulicin

Batulicin, KP– – Batulicin Festival atau Batfest 2022 yang disebut sebagai festival terbesar di Indonesia timur dengan belasan artis ibu kota dan lokal seperti Mahalini, Soneta dan Via Vallen, bakal melibatkan sekitar 500 UMKM dan PKL dari wilayah Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan dan sekitarnya.

Para UMKM dan PKL itu bakal menjajakan produk masing-masing di area festival seluas 12,5 hektare yang dapat menampung 50 ribu penonton selama lima hari Batfest digelar sejak Selasa (27/12/2022) sampai Sabtu (31/12/2022) atau malam pergantian tahun baru yang bakal diramaikan pesta kembang api.

Area Batfest 2022 terbagi dalam area PKL, area UMKM, kuliner dan coffee fiesta, selain dua panggung besar yakni Lion Stage dan Dragon Stage atau panggung utama berukuran 18 meter x 24 meter.

“Kami melibatkan lebih dari 500 UMKM dan PKL secara gratis untuk ikut meramaikan Batfest 2022 dengan tujuan mendorong kembali geliat ekonomi pasca korona, serta membantu meningkatkan kesejahteraan para UMKM dan PKL di wilayah Tanah Bumbu dan sekitarnya,” kata Anang Yusanto, Koordinator Pokja UMKM dan PKL Batfest 2022, di area Batfest 2022, Senin (26/12/2022).

Berita Lainnya
1 dari 3,563
loading...

Menurut Anang yang juga GM EAS (Eshan Agro Sentosa), para UMKM yang terlibat bergerak di bidang kerajinan tangan, home industry, perajin berlian, herbal Kalimantan, jasa, hingga pengusaha kuliner dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Pelaihari, Kota Baru, Kabupaten Martapura, bahkan Kota Banjarmasin.

“Mereka menempati 135 tenda sarana file yang disediakan panitia secara gratis. Setiap stand bisa diisi dua atau tiga PKL dengan tenda seluas 5 x 5 meter, beralas karpet, air bersih, listrik, serta fasilitas kebersihan dari pihak panitia,” katanya.

Meski sudah terdaftar sekitar 500 UMKM dan PKL, masih banyak PKL yang memohon agar dapat ikut berjualan di area Batfest.

“Kami terpaksa mengizinkan mereka untuk membuka dagangan di luar area utama 12,5 hektare, karena sebenarnya total area lapangan Pantai Jhonlin sekitar 15 hektare yang di antaranya untuk area parkir,” tambahnya.

Guna mendukung program pemerintah menciptakan cashless society, para UMKM dan PKL melayani pembayaran dengan QRIS.

“Nanti setelah acara, kami akan meminta laporan omset dari masing-masing UMKM dan PKL untuk mengetahui perputaran uang yang terjadi selama Batfest 2022 digelar,” pungkas Anang. (*/KPO-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya