SPKLU Pertama di Komplek Perkantoran Pemerintah

Banjarbaru, KP – Seiring mulai banyaknya penggunaan kendaraan listrik, maka beberapa stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PT. PLN Persero, juga mulai berdiri.

Hingga saat ini sudah ada 3 SPKLU yang berdiri di wilayah kerja PLN Kalselteng, yakni di Kantor PLN UP3 Palangkaraya, Kantor PLN UID Kalselteng, dan Kantor Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel.

SPKLU terakhir yang diresmikan Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, Jumat (30/12), adapah stasiun pertama yang berdiri di kantor pemerintahan.

Sahbirin menyatakan pada tahun 2023 mendatang, rencananya akan kembali dibangun sebanyak 5 SPKLU.

Yakni di Kuala Kapuas, Banjarmasin, Barabai, Satui, dan Batulicin.

Paman Birin mengucapkqn terima kasih atas kontribusi PLN dalam pembangunan daerah khususnya jaringan energi listrik di Kalsel.

“Hal ini merupakan momentum meningkatkan Ekosistem kendaraan listrik dan program percepatan kendaraan listrik di Kalsel,” kata pria yang akrab disapa Paman Birin ini.

Ia berharap Pemprov Kalsel dapat menjadi contoh.

Ia menyarankan agar SKPD Pemprov Kalsel pada tahun 2023 mendatang agar dapat menganggarkan pembelian kendaraan listrik untuk operasional.

“Kendaraan listrik ini lebih efektif, murah biaya, tanpa asap dan tak berbunyi, saya sudah mencoba sendiri tadi,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 1,793
loading...

Dalam peresmian itu, Gubernur Kalsel juga mencoba langsung cara pengisian listrik ke sebuah mobil.

SPKLU tersebut berada tepat di halaman belakang kantor Setdaprov Kalsel.

Selain itu, Paman Birin juga sempat mencoba kendaraan listrik.

“Saya terkesan dengan kendaraan listrik, saat mencoba tadi tidak berbunyi berisik dan tidak berasap.

Kalau tidak berasap sudah tentu udara dan lingkungan tidak tercemar dan kita terhindar dari ISPA.

Saya minta 0ak Sekda dan SKPD di Pemprov Kalsel tahun 2023 untuk menganggarkan pembelian kendaraan

listrik untuk operasional. Kita mulai dari Pemprov Kalsel dulu,” ucap Paman Birin.

Sementara itu, General PT PLN (Persero) Kalselteng, Johar Arifin, mengatakan pendirian SPKLU PLN sendiri salah satu upaya memudahkan pengguna kendaraan listrik, seperti roda dua dan roda empat berbasis listrik.

Saat ini PLN telah menyiapkan pengoperasian beberapa SPKLU untuk memperkuat ketersediaan pasokan listrik bagi kendaraan listrik di Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Tengah.

“SPKLU di kantor Pemprov Kalsel merupakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang pertama diresmikan untuk perkantoran pemerintah, untuk area Kalimantan ini SPKLU yang ketiga.

PLN Sendiri menjamin ketersediaan SPKLU di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat aman dan nyaman ketika sudah beralih ke kendaraan listrik,” katanya. (mns/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya