Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Pola Ketahanan Keluarga Dipengaruhi Pendidikan di RT

×

Pola Ketahanan Keluarga Dipengaruhi Pendidikan di RT

Sebarkan artikel ini
KUNJUNGAN- Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Dr Rohimi Zaman SPSI SH MPD Psikolog saat melakukan kunjungan ke TK Hunafaa, SD Terpadu di Banjarmasin. (KP/Narti)

Banjarmasin, KP – Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Dr Rohimi Zaman SPSI SH MPD Psikolog mengingatkan ketahanan keluarga sangatlah penting terutama dalam hal pendidikan ibu-ibu rumah tangga.

“Jadi tingkat pendidikan sangat berperan dalam pola pengasuhan anak yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai positif dan islami,’’ucap Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Dr Rohimi Zaman saat hadir pada acara di TK dan SDIT Hunafaa di Jalan Sultan Adam Banjarmasin, Kamis (26/01/2022).

Dosen UMUM ini juga mengatakan hal ini menjadi tantangan yang sulit kalau tingkat pendidikan yang rendah membuat pola pengasuhan hingga pembentukan karakter anak sesuai dengan yang di inginkan atau berjalan dengan baik dan lancar.

Karena, ujarmnya, pola pengasuhan anak yang positif dan islami dinilainya bermuara pada karakter generasi mendatang yang fleksible terhadap perubahan dan tantangan jaman.

Nilai-nilai yang telah ditanamkan kepada anak dapat menjadi acuan atau disebutnya back to nature, back to family terhadap pemilahan pola pergaulan yang semakin bebas atau kekerasan yang selalu terjadi di sekitar kita, katanya.

Bahkan, katanya, keluarga tidak hanya sebagai benteng yang menahan perubahan nilai buruk sekaligus filter terhadap nilai atau perubahan yang tidak islami atau negatif.

Pola Pengasuhan anak yang baik membuat anak memiliki nilai-nilai yang tetap dipertahankan, secara mandiri melakukan penilaian dan filter ditengah perubahan nilai dan perilaku tidak positif.

Penguatan karakter ibu dalam pengasuhan anak, sejalan dengan gerakan Aisyiyah dalam rangka penguatan perempuan dan ketahanan keluarga, mengingat tantangan ibu-ibu rumah tangga dan pendidikan sekarang sangat berat selain gejed yang tak bisa dibendung lag, demikian Rohimi Zaman.

Sedangkan panitia kedatangan Pimpinan Pusat Aisyiyah Dr Rohimi Zaman, Hj Marlian Muslih Abdurahman mengatakan kehadiran Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Dr Rohimi Zaman SPSI SH MPD Psikolog selain mengisi tausiah di Masjid Muhamadiyah Sungai Miai, Banjarmasin Utara bersama para ibu-ibu juga melakukan kunjungan ke TK dan SDIT Hunafaa di Jalan Sultan Adam Banjarmasin.

Baca Juga:  Sidang Gugatan Hasil PSU Dimulai

Bahkan, selama di Sekolah TK, Dr Rohimi Zaman, selain memberikan edukasi para guru juga mengajak untuk terus meningkatkan derazat pendidikan sejak dini dan sebagai pengajar tentu menyebarkan ilmu harus banyak melakuka enovasi karena sekarang tantangan menjadi pendidik sangatlah berat sehingga dengan kehadiran dosen sekaligus ibu rumah tangga ini mendorong dan memberikan motivasi yang positip tentunnya. (mar/K-3)

Iklan
Iklan