Tidak Ada Anggaran Dialokasikan ke Satpol PP dan Satlinmas

Pelaihari, KP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024.

Ini agar berjalan aman, tertib dan lancar.

“Satpol PP dan Satlinmas Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Tanah Laut (Tala) siap mengamankan Pemilu 2024,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Siti Noortita Ayu Febria Roosani, usai kunjungan kerja, Jumat (20/1).

Bahkan diharapkan Kalsel bisa menjadi acuan pelaksanaan Pemilu bagi daerah lainnya, baik Pilpres maupun Pilkada, karena berjalan aman, tertib dan lancar, tanpa kejadian apapun.

Tatum, panggilan akrab Siti Noortita Ayu Febria Roosani mengatakan, Satpol PP dan Satlinmas memiliki peran penting dalam mengawal dan menjaga nilai norma-norma sosial serta menjadi garda terdepan penegak Perda.

“Satpol PP dan Satlinmas memiliki andil dalam pengamanan dan tertibnya suatu daerah,” tambah politisi Partai Gerindra.

Karena itu, kesiapan Satpol PP dan Satlinmas pun dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilu, baik Pileg, Pilpres dan Pilkada serentak 2024.

“Keduanya menjadi penunjang keamanan dan lancarnya pelaksanaan pemilihan tersebut, sehingga perlu melihat sejauh mana persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024,” ujar Tatum.

“Alhamdulillah, kedua kabupaten ini siap mengamankan Pemilu serentak, bahkan Kabupaten Tanah Laut sudah menganggarkannya pada APBD setempat,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.765
loading...

Lebih lanjut Tatum mengharapkan agar kabupaten lainnya juga menganggarkan dana penunjang pengamanan Pemilu pada APBD masing-masing.

Khususnya untuk Satpol PP dan Satlinmas setempat.

“Diharapkan kabupaten lain juga menganggarkan menunjang penyelenggaraan Pilpres dan Pilkada pada 2024,” tambah Tatum.

Diakui, hal ini memang menjadi kendala di beberapa kabupaten, karena tidak ada anggaran yang diperuntukan bagi pengamanan Pemilu 2024 yang dialokasikan pada Satpol PP dan Satlinmas,

“Semoga Pemkab/Pemko bisa tanggap untuk mengalokasikan anggaran kegiatan linmas di desa-desa,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Satpol PP Kabupaten Barito Kuala, Dahtiar Fajar mengungkapkan kendala yang belum terealisasi, seperti kurangnya anggaran membiayai pelatihan linmas, pembelian atribut dan lain-lain yang menunjang Pemilu 2024.

“Kita terkendala anggaran untuk pengamanan Pemilu 2024,” kata Dahniar.

Sedangkan Kepala Satuan Pol PP Kabupaten Tanah Laut, Muhammad Kusri mengatakan, kunjungan Komisi I DPRD Kalsel memberikan semangat untuk menjaga Tanah Laut kondusif, tentram dan tertib menghadapi pemilihan legislatif dan presiden.

“Kita berupaya mengamankan suasana kondusif pada penyelenggaraan Pemilu serentak pada 2024,” katanya. (*/lyn/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya