Iklan
Iklan
Iklan
Banjarbaru

Pemprov Diminta Mengutamakan Aspirasi Masyarakat

×

Pemprov Diminta Mengutamakan Aspirasi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
FORUM RKPD – Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin pada Forum Diskusi RKPD 2023, yang diminta mengutamakan aspirasi masyarakat yang digelar Bappeda Kalsel, Selasa (14/2/2023), di Banjarbaru. (KP/dprdkalsel)

Banjarbaru, KP – Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin meminta Pemerintah Provinsi Kalsel mengutamakan aspirasi masyarakat dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2023.


“Kita menginginkan agar aspirasi masyarakat masuk dalam penyusunan RKPD 2023, agar masyarakat merasakan kerja nyata Pemprov Kalsel,” kata Syaripuddin pada Forum Diskusi RKPD 2023 yang digelar Bappeda Kalsel, Selasa (14/2/2023), di Banjarbaru.


Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin mengatakan, aspirasi yang disampaikan masyarakat meliputi berbagai hal, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lainnya.


“Aspirasi ini diterima wakil rakyat pada reses, yang kemudian disusun menjadi pokok pikiran DPRD Kalsel yang disampaikan kepada kepala daerah,” tambah politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.


Diakui, DPRD Kalsel belum dapat menyampaikan pokok pikiran secara utuh, namun masih dalam bentuk usulan dari 55 anggota DPRD Kalsel di daerah pemilihan masing-masing.


Bang Dhin mengharapkan agar RKPD Kalsel 2023 ini menjadi salah satu panduan bagi Pemprov dalam bekerja di tahun mendatang.

“Karena setiap hal yang di tuangkan dalam RKPD harus didasarkan pada kepentingan dan kemaslahatan masyarakat Kalsel,” tegas Bang Dhin.


Selain itu, forum ini juga untuk meningkatkan kinerja perekonomian dengan perluasan kesempatan dan kemakmuran ekonomi, serta memberi akses luas ke setiap lapisan masyarakat.


Bang Dhin juga memberikan apresiasi kepada Pemprov atas terselenggaranya forum ini guna merumuskan kebijakan yang menjamin kepentingan stakeholder.


“Ini diyakini akan memberikan manfaat dalam penyusunan RKPD, yang memberikan ruang bagi birokrat, masyarakat dan para ahli bekerja bersama guna menetapkan kebijakan terbaik di banua,” ungkap wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel VI, meliputi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.


Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar menyampaikan hal yang selaras, salah satunya transformasi ekonomi disektor pertambangan.

Baca Juga:  Komisi X DPR Tinjau Sekolah di Banjarbaru


Menurut Roy Rizali Anwar, pertumbuhan ekonomi tidak cukup hanya sekedar kesejahteraan masyarakat. Tetapi hendaknya mampu mengurangi ketimpangan antar sektor.


“Salah satu upaya transformasi ekonomi adalah menggeser kontribusi sektor pertambangan ke arah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, antara lain pertaniaan, pariwisata, UMKM, hilirsasi industri dan perdagangan,” kata Roy Rizali Anwar. (lyn/KPO-1)

Iklan
Iklan