Adiah Candra Sari : Kalteng Beri Perhatian Besar Pembinaan dan Pengembangan Seni Budaya Daerah.

Palangka Raya, KP – Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kalteng Adiah Candra Sari mengungkapkan Pemerintah Provinsi beri perhatian besar terhadap pengembangan seni dan budaya daerah, agar terus tumbuh, dan lestari.

Salah satu kegiatan menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, serta melestarikan dan mencintai seni budaya daerah Kalimantan Tengah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah bersama UPT Taman Budaya menggelar Seni Budaya di UPT Taman Budaya, Selasa (21/3)..

Pestas Seni Budaya tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Candra Sari SH., MH.

Kadis Budpar saat mengawali sambutannya mengapresiasi kegiatan Seni Budaya yang digeluti oleh pegiat seni di Palangka Raya.

Atas nama pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah tentu saja memberikan apresiasi terhadap kegiatan-kegiatan gelar seni budaya yang sering dilakukan ini.

Dikemukakan, kegiatan ini merupakan sebagai perwujudan cinta dari karya para seniman daerah yang berlandaskan nilai luhur budaya bangsa yang berdasarkan pancasila, bercorak bhineka tunggal ika, serta berwawasan nusantara, tutur Adiah.

Diikatakan Adiah, dalam rangka mempertahankan eksistensi kebudayaan bangsa dibutuhkan peran serta dari banyak pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Terlebih lagi tentu saja perab para pegiat seni Palangka Raya.

Berita Lainnya
1 dari 2,424

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sendiri terus berupaya dengan memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah yang merupakan bagian integral dari kebudayaan nasional.

Oleh karena itu, dengan diselenggarakannya kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan mampu menggugah dan memberi dorongan serta motivasi bagi para pengelola sanggar dan para pelaku seni untuk lebih giat membangun, meningkatkan kreativitas seni budaya kalimantan tengah dalam rangka menarik wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kalimantan Tengah.

Mengingat Presiden Jokowi mencetuskan Gerakan Nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia saja. khusus untuk bangga berwisata di Indonesia saja target pergerakan wisatawan mencapai 1,4 Miliar.

“Kita berharap melalui kegiatan-kegiatan seni pertunjukan seperti ini, pada saatnya nanti akan mampu menggaet wisatawan sehingga target pemerintah 1,4 Miliar pergerakan wisatawan itu sebagian disumbangkan oleh Kalimantan tengah.” papar Adiah.

Senada dengan hal itu, kepala Bidang UPT taman Budaya Wildae Desyanthy Binti, SE.,M.Si. berharap antusiasme masyarakat menjadi lebih besar terhadap kesenian dan kearifan lokal Palangka Raya.

“Kami berharap untuk kedepannya masyarakat semakin mencintai seni budaya yang beranekaragam ya g menjadi kekayaan kalimantan tengah,” harapnya.

Untuk pengisi acara yaitu Binar modelling PKY, Sanggar karungut & deder guru-guru Kalteng Harati Berkah, Pembacaan puisi sanggar terapung. Tari pesisir Sanggar intan manuah,Tari kontemporer Sanggar marajaki, Sanggar seni hadrah Al-Karomah, Tari pesisir Sanggar Tunjung Nyaho UPR.(drt/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya