Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Utara

Bawaslu Gelar Rakor dengan Panwascam se HSU

×

Bawaslu Gelar Rakor dengan Panwascam se HSU

Sebarkan artikel ini

Amuntai, KP – Dalam rangka mempersiapkan melaksanakan tugas pengawasan Pemilu 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Rakor Penyelenggaraan Penanganan Pelanggaran Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih, yang diikuti Panwascam se HSU tersebut guna memperkuat kapasitas jajaran di Hotel Lambung Mangkurat, belum lama tadi.

Adapaun narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Mustika Arin Rakhmawati dari Kejaksaan Negeri HSU, dan Bachruddin Ali Akhmad selaku Dosen Universitas Lambung Mangkurat.

Pada kesempatannya Ketua Bawaslu HSU Syardani menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya Bawaslu HSU guna meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan wawasan kepada para panwascam.

“Tentu ini agar panwascam dalam melaksanakan tugasnya dilapangan dapat mengetahui mana yang benar maupun yang salah, mana melanggar hukum maupun tidak, kemudian bisa memastikan apakah jalannya pemilu itu sudah sesuai aturan atau belum,” ujarnya.

Sementara pada tahapan coklit yang telah dilaksanakan 12 Februari – 14 Maret 2023 lalu, diakuinya Bawaslu HSU selanjutnya juga akan terus melakukan pengawasan terkait penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Coklit memang sudah selesai, namun kelanjutannya ada DPS yang perlu diawasi apakah masih ada yang tidak terdata, tidak sesuai, data yang ganda, jadi terus kita lakukan pengawasan,” lanjutnya.

Syardani juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengawal hak pilih jelang diselenggarakannya pemilu di tahun 2024 mendatang. (nov/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Wahid Pimpin Apel Gelar Pasukan Sat Linmas
Iklan