Mantapkan Shrimp Estate di Kalteng, Dislutkan Kunjungi BUBK Kebumen

Kebumen, KP – Kawasan Shrimp Estate di Sei Raja merupakan salah satu program strategis yang digagas oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran dalam membangun sektor kelautan dan perikanan.

Dan dalam rangka optimalisasi pengembangan shrimp estate di Sei Raja, Kepala Dislutkan Kalteng Darliansjah bersama Tim melakukan kunjungan ke Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah, Kamis (2/3).

Pihaknya menyatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya kunjungan ini dan siap meningkatkan sinergisitas untuk kerja sama di sektor kelautan dan perikanan

Ia mengatakan kerjasama dimaksud “khususnya pembangunan kawasan shrimp estate,” ucap Gede kepada tim Kalteng.

Gede menjelaskan BUBK Kebumen memiliki luas areal 100 Ha, pada saat ini sudah dibangun 60 Ha terdiri dari 16 cluster dengan jumlah tambak sebanyak 149 petak.

Berita Lainnya
1 dari 1,704

‘Saat ini sudah terbangun 4 cluster terdiri dari 72 kolam dengan ukuran 40 x 40 m per petak” sebutnya.

Sementara itu, Darliansjah juga mengungkapkan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan UPT. Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) dalam pembangunan kawasan shrimp estate di Kalimantan Tengah.

Beberapa hal yang dibahas yaitu konstruksi tambak, tata kelola dan manajemen tata kelola tambak.

Pembangunan kawasan shrimp estate bukan hanya sekedar memelihara udang vaname saja “tetapi bagaimana budidaya udang vaname ini dapat berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat,” tandas Darliansjah.

Kunker juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Kebumen Asep Nurdiana dan Kepala Divisi Umum BUBK Kebumen Maskar Jayadi. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya