Iklan
Iklan
Iklan
BanjarbaruTRI BANJAR

Musrenbang RKPD Kota Banjarbaru 2024

×

Musrenbang RKPD Kota Banjarbaru 2024

Sebarkan artikel ini
BUKA MUSRENBANG- Wali Kota Banjarbaru H Aditya Mufti Ariffin saat membuka Musrenbang Pemko Banjarbaru yang duduk mendengarkan paparan kinerja SKPD Banjarbaru. (KP/Devi)

Banjarbaru,KP- Sebagai salah satu rangkaian dalam tahapan perencanaan pembangunan daerah tahun 2024 maka Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Banjarbaru (BAPPEDA) mengadakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Banjarbaru tahun 2024. Dihadiri oleh Wali Kota Banjarbaru, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, seluruh Forkopimda Kota Banjarbaru dan seluruh Stakeholder terkait.

Bahkan dalam forum musyawarah tersebut pemerintah Kota Banjarbaru bersama seluruh stakeholder menyusun rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang memuat prioritas tema pembangunan Kota Banjarbaru sebagai arah kebijakan pembangunan pada tahun 2024.

Adapun beberapa indikator yang menjadi target pembahasan ialah pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia, kemiskinan dan pengangguran. Dengan tema, “Pemantapan infrastruktur dan sosial daerah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan dalam kerangka ibu kota provinsi”.

Dengan capaian tahun sebelumnya: Pertumbuhan ekonomi tahun 2022 tumbuh meningkat tajam mencapai sebesar 7,93 persen dari tahun 2021 terjadi penurunan pada minus 1,83 persen akibat pandemi covid-19.

Indeks pembangunan manusia tahun 2022 yang meningkat sebesar 79,68 yang didukung oleh pencapaian kinerja pendidikan, kesehatan dan ekonomi dibanding tahun sebelumnya 2021 Indeks Pembangunan Manusia sebesar 79,10.

Penanggulangan kemiskinan melalui program unggulan seperti RT Mandiri, Home Care, dan Urban farming Pada tahun 2022 angka kemiskinan sebesar 4,40 persen dan pada tahun 2022 turun sebesar 4,17 persen. Angka pengangguran pada tahun 2021 sebesar 5,70 persen dan pada tahun 2022 turun sebesar 5,47 persen.

Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin berharap agar seluruh pemangku kepentingan, elemen masyarakat, dan pemerintah Provinsi Kalsel dapat saling mendukung untuk pembangunan Kota Banjarbaru yang kini telah menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saya berharap bagi seluruh pemangku kepentingan, akademisi, elemen masyarakat, serta pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk selalu memberi dukungan dan kerjasama dalam membangun kota banjarbaru yang juga sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan”, ucapnya. (Dev/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Bupati Jalin Kerjasama Percepatan Informasi dengan Antara
Iklan