Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Diterima Paman Birin Pemprov Raih Penghargaan 10 Kali Berturut Turut Opini WTP

×

Diterima Paman Birin Pemprov Raih Penghargaan 10 Kali Berturut Turut Opini WTP

Sebarkan artikel ini
DITERIMA - Pnghargaan opini WTP kesepuluh diterima Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dari Anggota VI BPK RI Pius Lustrilanang pada Rapat Paripurna Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Gedung DPRD Kalsel di Banjarmasin, Selasa (16/5). (Adv)

PEMERINTAH – Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali meraih predikat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Predikat ini merupakan raihan kesepuluh kalinya secara berturut-turut dalam pencapaian opini WTP sejak tahun 2013.

Android

Penghargaan opini WTP kesepuluh diterima Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin dari Anggota VI BPK RI Pius Lustrilanang pada Rapat Paripurna Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022 di Gedung DPRD Kalsel di Banjarmasin, Selasa (16/5).

“Dengan pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK, atas laporan keuangan pemerintah daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan maka BPK RI memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Dengan demikian, Pemprov Kalsel telah berhasil mempertahankan opini WTP sepuluh kali berturut-turut,” terang Pius Lustrilanang.

Disampaikan Pius, setidaknya ada 4 (empat) hal yang diperhatikan dalam pemeriksaan ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan ini.

Pertama kesesuaian Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Kedua kecukupan pengungkapan, ketiga kepatuhan terhadap peraturan perundang – undangan, dan empat efektifitas sistem pengendalian intern.

Dikatakanya, selain Pemerintah Provinsi, seluruh Kabupaten Kota di Kalsel juga meriah opini WTP.

Sementara itu, Paman Birin mengucapkan syukur atas raihan opini yang diterima Pemprov Kalsel.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalsel mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPK RI. Alhamdulillah, harapan meraih WTP ternyata sesuai dengan kenyataan.

Hari ini, kita kembali meraih WTP yang kesepuluh kalinya secara berturut-turut, rapat paripurna hari ini membawa kebahagiaan bagi semua.

Ini tentunya kerjasama kita semua,” kata Paman Birin.

Menurut Paman Birin, setidaknya ada tiga tiga komponen kekuatan apabila disinergikan akan memberikan dampak positif bagi pembangunan.

Pertama pemerintahan yang akuntabel, pengusaha yang mau berbagi, dan alim ulama atau tokoh agama.

“Pemerintahan yang bagaimana pemerintahan yang akuntabel, pemerintahan yang terkendali dan terukur,” sebut Paman Birin.

Paman Birin berharap, capaian ini menjadi motivasi motivasi bagi seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, agar terus memperbaiki pengelolaan keuangan daerah di tiap-tiap SKPD.

Paman Birin juga berkomitmen untuk menjadikan catatan atau rekomendasi yang disampaikan oleh BPK, segera di tindak lanjuti.

“Kami ingin, pengelolaan keuangan daerah bisa lebih baik, lebih tertib, lebih transparan dan akuntabel.

Karena kami yakin, pengelolaan keuangan daerah yang baik, akan lebih bermanfaat untuk rakyat,” sebutnya.

Pada rapat paripurna tersebut, juga dilaksanakan

penandatanganan berita acara dan penyerahan LHP BPK RI atas pemeriksanaan laporan keuangan pemerintah daerah dari Anggota VI BPK RI Pius Lustrilanang kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Ketua DPRD Kalsel Supian HK.

Turut hadir dalam rapat paripurna itu tuan guru KH. Wildan Salman, para Wakil Ketua DPRD Kalsel dan anggota, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Rudy Puruwito, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, pimpinan SKPD Kalsel serta para tamu undangan lainya.

Pada rapat paripurna itu, ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung dipimpin tuan guru KH. Wildan Salman yang merupakan Pimpinan Madrasah Darussalam dan Tahfidz Ilmu Alquran Martapura. (adv/K-2)

Iklan
Iklan