Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Siapkan 35 Poslap Satgas Pengendali Karhutla se-Kalteng

×

Siapkan 35 Poslap Satgas Pengendali Karhutla se-Kalteng

Sebarkan artikel ini

PALANGKA RAYA, kalimantanpost.com – Memasuki musim kemarau,
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) telah menyiapkan 35 Pos Lapangan (Poslap) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang tersebar di delapan Kabupaten dan satu Kota.

“Poslap Satgas Pengendalian Karhutla di Kabupaten dan Kota mulai diaktifkan secara serentak 31 Mei sampai 27 Oktober 2023,” kata Plt Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng, Ahmad Toyib saat menggelar Apel Aktivasi Poslap pengendalian Karhutla di halaman Pusdalop PB Jalan Tjilik Riwut Km 2,5, Rabu (31/5/2023)

Android

Dalam arahannya Ahmad Toyib menyampaikan mulai awal, tahun 2023 sampai saat ini tim relawan sudah berjibaku melakukan pemadaman karhutla.

Dia berharap kepada tim relawan satgas pengendalian karhutla agar tetap menjaga kekompakan, saling berkoordinasi, utamakan keselamatan, memetakan potensi bencana, sehingga setiap langkah yang diambil penuh perhitungan dan mampu mempekirakam risiko yang bakal terjadi. Jika ada masalah di lapangan, agar segera dilaporkan secara berjenjang sampai ke Posko.

Anggota Poslap terdiri Babinsa, Bhabinkantibmas, relawan Masyarakat Peduli Api (MPA), relawan Taruna Siaga Api Kelurahan (TSAK), relawan Desa Tangguh Bencana dan Taruna Respon Kelurahan.

Ahmad Toyib anggota Poslap mempunyai tugas yakni melaksanakan patroli pencegahan karhutla, melaksanakan sosialisasi pencegahan karhutla, melaksanakan pemadaman karhutla, menyusun laporan pelaksanaan tugas dan melaksanakan penugasan lainnya yang dianggap perlu.

“Biaya operasional Poslap berupa honorarium personil, makan minum, Bahan Bakar Minyak (BBM) dan lain-lain telah dianggarkan dalam DPA BPBPK Kalteng tahun anggaran 2023,” ujarnya.

Dia juga meminta agar BPBD Kabupaten/Kota juga mendukung dan bersinergi dengan instansi terkait serta menambah jumlah Poslap pengendalian karhutla di daerah titik-titik rawan karhutla sehingga terwujudnya Kalteng bebas kabut asap.

“Selain tugas pengendalian karhutla, Poslap berkewajiban melaksanakan apel setiap hari pada pukul 08.00 WIB dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan di lapangan berupa dokumentasi dan foto-foto kegiatan ke BPBPK Kalteng.

“BPBPK Kalteng sebagai posko induk Satgas Pengendalian Karhutla juga memberikan dukungan kepada Poslap BPBD Kota Palangka Raya di dua kecamatan yakni Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Sebangau,“ tandasnya.

Apel tersebut dihadiri Kalaksa BPBD Kota Palangka Raya berserta jajarannya, Pejabat Administrator dan Pendamping lingkup BPBPK Kalteng, Anggota Relawan Posko Krisis Karhutla Pusdalops, MPA Kelurahan Marang, MPA Kelurahan Kameloh Baru, TSAK Bukit Tunggal, Balakar 620 dan Balakar 654. (Drt/KPO-3)

Iklan
Iklan