Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Perubahan APBD Provinsi Kalterng Tahun 2023 Disetujui

×

Perubahan APBD Provinsi Kalterng Tahun 2023 Disetujui

Sebarkan artikel ini
Penandatangan Persetujuan Rsperda. (kp/ist).

Palangka Raya, KP – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri Rapat Paripurna ke-14 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023, bertempat di Ruang Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), Selasa (22/8). Rapur dipimpin langsung Ketua DPRD Kalteng Wiyatno.

Agenda Rapur kali ini mendengarkan laporan hasil Rapat Badan Anggaran DPRD Prov. Kalteng membahas Raperda Kalteng tentang Rancangan perubahan APBD Kalteng Tahun Anggaran 2023. Agenda lainnya yakni Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama Gubernur Kalteng terhadap Rancangan Perubahan APBD Prov. Kalteng Tahun Anggaran 2023 serta mendengarkan pendapat akhir/ Pidato Gubernur Kalteng.

Wagub H. Edy Pratowo saat menyampaikan Pidato Gubernur Kalteng mengatakan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023, sebagai pelaksanaan dari amanat Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Seperti diketahui bersama, bahwa Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD yang disetujui pada hari ini, merupakan kebijakan anggaran yang di dalamnya memuat pokok-pokok kebijaksanaan anggaran daerah untuk pelaksanaan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 , tutur Wagub.

Seluruh kebijakan anggaran tersebut tertuang dalam program kegiatan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan di susun dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah yang baru dan merupakan kebijakan dari Pemerintah Pusat dalam visi untuk menyatukan data pembangunan daerah seluruh Indonesia.

Selanjutnya, Kepala Daerah agar segera menetapkan Peraturan Gubernur tentang Penjabaran Perubahan APBD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2023, yang merupakan Anggaran manajemen dari Pelaksanaan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 setelah Raperda APBD mendapat persetujuan oleh Menteri Dalam Negeri , imbuhnya.

Baca Juga:  Gubernur Kalteng Perjuangkan Bandara Tjilik Riwut Jadi Embarkasi Haji di Pusat

Diungkapkan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2023, merupakan Anggaran Operasional bagi pelaksanaan dan pengendalian dari anggaran pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah, yang terlebih dahulu ditetapkan dan disahkan oleh Pemerintah Daerah, dalam hal ini oleh pejabat yang ditunjuk Gubernur selaku Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Daerah yang karena jabatannya mempunyai kewenangan menyelenggarakan keseluruhan pengelolaan keuangan daerah.

Secara khusus, Edy mengingatkan dan mengharapkan perhatian yang sungguh-sungguh kepada semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, untuk meningkatkan intensitasnya, yaitu dengan melakukan upaya penajaman prioritas, sehingga dana yang terbatas dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk memperoleh hasil yang optimal.

Pada kesempatan tersebut, dengan disetujuinya Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023, Wagub atas nama Pemprov Kalteng dan atas nama masyarakat Kalteng, mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kalteng, yang mana bersama pihak Eksekutif telah menjalankan tugas dan fungsi serta tanggung jawabnya, sehingga apa yang kita lakukan akan selalu memperoleh hasil yang terbaik demi terwujudnya masyarakat Kalteng yang Makin BERKAH.

Rapur dihadiri Wakil Ketua DPRD Kalteng Jimmy Carter dan Faridawaty, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Sekretaris Daerah Kalteng H. Nuryakin, Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala Instansi Vertikal, dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Kalteng, Tenaga Ahli DPRD Kalteng serta Para Sesepuh Daerah, Pemuka Agama, Pemuka Masyarakat, Pimpinan Partai Politik dan Organisasi Kemasyarakatan.(dr/k-10t)

Iklan
Iklan