Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Dispursip Kalteng dan BTNS Terbitkan Buku Sekolah Hutan Sebangau

×

Dispursip Kalteng dan BTNS Terbitkan Buku Sekolah Hutan Sebangau

Sebarkan artikel ini
Penyerahan buku yang diluncurkan. (kp/ist)

Palangka Raya, KP – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah dan Balai Taman Nasional Sebangau bekerja sama dengan Borneo Nature Foundation (BNF) meluncurkan buku cerita Sekolah Hutan Sebangau di Aula Dispursip Kalteng, Rabu (6/9).

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalteng, melalui Rody, yang menjadi dasar peluncuran buku Sekolah Hutan Sebangau ini adalah anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah masih kurang paham tentang keanekaragaman hayati yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah

Hal itu karena adanya keterbatasan dan akses terhadap buku-buku yang berkaitan dengan hewan dan tanaman, serta luasnya wilayah Kalteng yang mencapai 1,5 kali pulau Jawa dipenuhi keanekaragaman hayati, khususnya di kawasan Taman Nasional Sebagai.

Sementara itu Kadispursip Kalteng Nunu Andriani, yang disampaikan oleh Kepala Bidang Deposit, Pengolahan Bahan Pustaka dan Preservasi Rody menyatakan nyambut dengan baik dan memberikan apresiasi kepada Balai Taman Nasional Sebangau dan BNF dalam menyusun buku cerita anak dengan tema primata.

“Dengan adanya peluncuran buku Sekolah Hutan Sebangau diharapkan dapat meningkatkan literasi, kepedulian dan informasi terkait primata yang ada di Hutan Sebangau,” sebutnya.

Tujuan lain membina kecintaan generasi muda akan keberadaan sumber daya hayati dan plasma nutfah, yang dimiliki TN.Sebagai menjadi salah satu destinasi wisata alam di Kalteng yang mudah diakses dari Kota Palangka Raya sebagai ibu kota Provinsi Kalteng.

Untuk diketahui, di kawasan TN.Sebangau saat ini dihuni sedikitnya 1.500 individu orang utan, terbanyak di Kalteng, dibandingkan di TN.Tanjung Puting maupun ditempat lainnnya.

Disamping itu masih banyak satwa endemik lainnya, seperti burung rangkong, cucak rawa, aneka jenis regtil dan berbagai jenis ikan rawa lainnnya

Baca Juga:  BPS Kalteng Canang Sensus Penduduk 2020 Online

Luas TN.Sebagau sendiri lebih dari 660.000 ha, tersebar di tiga wilayah masing-masing Kota Palangka Raya, Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau, yang merupakan hutan rawa gambut terluas di Kalimantan. (drt/k-10)

Iklan
Iklan