Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Tingkatkan Pendidikan, Kinerja Kepsek Jenjang SD & SMP Dinilai

×

Tingkatkan Pendidikan, Kinerja Kepsek Jenjang SD & SMP Dinilai

Sebarkan artikel ini
SOSIALISASI - Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan Sosialisasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP guna meningkatkan mutu Pendidikan di Banjarmasin, yang berlangsung di Kalimantan Room, Rattan Inn Banjarmasin. (KP/Diskominfotik)

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan Sosialisasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP guna meningkatkan mutu Pendidikan di Banjarmasin, yang berlangsung di Kalimantan Room, Rattan Inn Banjarmasin. Selasa (19/09/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Nuryadi dan dihadiri Ketua Dewan Pendidikan kota Banjarmasin, Muhammad Iderus, Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Rahmasari serta jajaran terkait, sejumlah Pengawas dan Kepala Sekolah SD/SMP di Kota Banjarmasin.

Nuryadi menyebutkan penilaian kinerja kepala sekolah yang merupakan kegiatan rutin tahunan itu penting dalam memutuskan mutu dan menentukan kelulusan siswa di sekolah yang dipimpinnya.

“Penilaian kinerja kepala sekolah saat ini tidak hanya didasarkan pada hasil pembelajaran siswa, tetapi juga mengacu pada hasil asesmen mereka. Oleh karena itu, para orang tua diharapkan mempelajari rapor sekolah anak mereka masing-masing untuk melihat evaluasi dan mutu sekolah tersebut,” Ujar Nuryadi.

Adapun aspek yang dinilai dalam kinerja kepala sekolah mencakup komitmen dalam tugas, pelaksanaan tugas dan hasil kerja, serta kompetensi kepribadian dan sosial. Kepala Disdik juga mengapresiasi partisipasi sekolah swasta dalam rapat bersama dan menekankan pentingnya pengembangan kepala sekolah di semua jenis sekolah.

Pada tingkat pendidikan menengah, penilaian dilakukan oleh pengawas sekolah yang merujuk pada pedoman penilaian yang mencakup komponen kepribadian dan sosial, kepemimpinan, pengembangan sekolah, pengelolaan sumber daya, serta kewirausahaan dan supervisi. Nuryadi berharap data pelaksanaan tugas dari kepala sekolah dapat menjadi dasar pembinaan, promosi, dan penghargaan yang diberikan kepada sekolah.

Dalam penutup sambutannya, Nuryadi menekankan pentingnya karyawan dalam menjaga kualitas kerja dengan mematuhi indikator kinerja, seperti kedisiplinan dalam waktu.

“Dengan penilaian kinerja kepala sekolah ini, diharapkan kualitas pendidikan di Kota Banjarmasin dapat terus meningkat dan sebagai dasar untuk pengembangan sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin berharap agar acara ini membawa manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan di kota tersebut,” pungkasnya.(nau/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Pemerintah Harus Ada Audit Kelayakan Bangunan
Iklan