Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATabalong

Bupati Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor PA Tanjung

×

Bupati Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor PA Tanjung

Sebarkan artikel ini
PELETAKAN - Batu Pertama Pembangunan Kantor Pengadilan Agama (PA) Tanjung.(KP/Ist)

Tanjung, KP – Dihiasi ornamen bertemakan merah putih, nampak kemeriahan terlihat sejak para tamu mulai berdatangan menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Pengadilan Agama (PA) Tanjung di antaranya adalah Bupati Tabalong Dr Drs H Anang Syakhfiani M.Si, bertempat di belakang kantor lama, belum lama tadi.

Selaku tuan rumah, Ketua PA Tanjung Abdullah SHI MH, mengatakan kegiatan peletakan batu pertama tersebut sudah menjadi tradisi adat Banjar yang dilakukan setiap ada masyarakat membangun rumah, “dalam tradisi masyarakat Banjar, acara seperti ini bisa dianalogikan sebagai adat ‘batajak tihang,’ (menancapkan tiang), yaitu kegiatan yang dilaksanakan
ketika ada salah satu masyarakat membangun rumah,” ujarnya.

“Acara seperti ini adalah adat yang turun temurun sejak nenek moyang, yang berisikan pertama sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas semua nikmat yang diberikan, 2) sebagai munajat/doa atau memohon keselamatan agar gedung ini nantinya kelak bisa diselesaikan sesuai rencana, sesuai apa yang kita harapkan,” terang Abdullah.

Selain itu, menurut Abdullah acara seperti itu juga bisa menjadi ajang bersilaturahmi antara semua pihak, “acara seperti ini juga menjadi ajang silaturrahmi antar kita semua khususnya pengadilan agama di Kalsel bersama pemerintah Kabupaten Tabalong beserta jajaran,” ujarnya.

“Di acara ini juga akan ada pembinaan dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Banjarmasin,” terang Abdullah.

Terkait pembangunan hari itu, Ketua PA Tanjung ini mengungkapkan bahwa tahun ini PA Tanjung mendapat alokasi dana dari Mahkamah Agung RI untuk pembangunan gedung baru, untuk memenuhi tuntutan dari masyarakat pencari keadilan guna mendapatkan pelayanan yang nyaman dan aman.

Selain Bupati Tabalong hadir di acara tersebut Ketua PTA Banjarmasin Dr Drs H Firdaus Muhammad Arwan SH MH, dan renovasi dan perluasan Gedung Kantor PA Tanjung diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp22 Milyar lebih dari tahun anggaran 2023-2024 (multi years). (ros/K-6)

Iklan
Baca Juga:  HSU Raih Penghargaan Kearsipan
Iklan