Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Akses Baru Jalan Hingga IKN Dirancang Terkoneksi

×

Akses Baru Jalan Hingga IKN Dirancang Terkoneksi

Sebarkan artikel ini

Banjarbaru Kalimantanpost.com – Seiring pelimpahan aset daerah dari Pemerintah Kabupaten Balangan kepada Pemprov Kalsel, jalan konektivitas menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bakar terkoneksi langsung ke beberapa wilayah di Kalsel.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan, Ahmad Solhan, menyampaikan pihaknya siap melanjutkan pembangunan akses jalan ke IKN

“Tahun 2024 kita buat perencanaan, mudah-mudahan perencanaan bisa singkat dan bisa dilaksanakan, seperti ruas Juai – Halung sudah kita anggarkan untuk akses ke IKN,” katanya.

Solhan menuturkan, rencananya akses jalan akan dibuat menghubungkan Banjarbaru – Batulicin – Balangan yang sifatnya konektivitas agar dapat memangkas jalan dan mempersingkat waktu jarak tempuh.

“Kami akan turun ke lapangan mensurvei akses jalan tersebut yang di serahkan tadi,” ucapnya.

Ia menambahkan, target konektivitas utamanya menyambung dan membuka jalur ke ruas jalan Banjarbaru – Batulicin untuk menunjang ke IKN.

“Kalau yang Banjarbaru – Batulicin pada 2024 harus sudah selesai, target kita tinggal jalan kabupaten yang perlu kita dorong untuk dapat menghubungkan ke jalan Banjarbaru – Batulicin,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, mengatakan

Kabupaten Balangan yang berbatasan dengan Kabupaten Tabalong, Kotabaru dan Paser (Kaltim), serta memiliki letak sangat strategis.

Karena itu, peran Pemprov sangat penting dalam rangka mendukung percepatan Kalsel sebagai gerbang dan penyangga IKN.

“Dengan diserahkannya hibah berupa pembangunan ruas jalan serta sarana pendukungnya, tentu akan memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat Kalsel,” ujarnya.

Menurutnya, penyerahan aset dari kabupaten Balangan ke provinsi untuk mempelancar infrastruktur khsusnya jalan, karena jalan sangat singnifikan menyambut ke IKN.

“Kita bikin nantinya jalannya dan yang rusak kita perbaiki. Pembangunannya nanti di tahun 2024,” ucapnya. (mns/K-2)

Iklan
Baca Juga:  Komitmen Perlindungan Anak, Paman Birin Dianugerahi KPAI 2023
Iklan