Jambore Nasional Camping Adventure Family Indonesia akan Digelar di Alam Roh Kiram

MARTAPURA, Kalimantanpost.com – Kalimantan Selatan (Kalsel) bersiap-siap menjadi pusat perhatian nasional dengan menjadi tuan rumah Jambore Nasional Camping Adventure Family (CAF) Indonesia kedua. Acara yang berlangsung selama dua hari, pada tanggal 17 hingga 18 Februari 2024.

Kegiatan CAF Indonesia akan diadakan di Alam Roh 20 Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Jambore Nasional CAF ternyata bukanlah acara baru, acara serupa telah diadakan sebelumnya di wilayah Jawa. Pelaksanaan pertamanya dilangsungkan di Pulau Jawa, di lapangan pusdikif Cipatat, Kabupaten Bandung, dan di Coban Rondo Pujon, Malang, yang berhasil diselenggarakan pada 13 dan 14 Januari yang lalu.

CAF Indonesia regional Kalsel bertekad untuk mengulangi keberhasilan tersebut dengan menyelenggarakan acara serupa tapi dengan menciptakan suasana yang berbeda di kawasan kaki Pegunungan Meratus, memberikan warna baru pada event kali ini.

Didin Jaenudin, ketua CAF Kalsel, menyatakan bahwa persiapan acara telah mencapai 70 persen. Tim panitia baru-baru ini telah melakukan survei kedua dan melakukan penyesuaian layout acara, yang kali ini mendesain area tenda utama dan peserta camping dengan cara yang berbeda.

Menurut Didin, Jambore Nasional CAF kedua di Kalsel ini diharapkan bisa memecahkan rekor jumlah peserta camping. Konsep acaranya memang diferensiasikan, dengan mendirikan tenda utama di depan wilayah pendaftaran, di mana tenda-tenda UMKM dan sponsor juga akan berlokasi.

Adanya kemungkinan Gubernur Kalsel akan menghadiri dan membuka secara resmi Jambore Nasional CAF kedua. “Kita selalu berupaya mengundang pejabat daerah untuk mengokohkan hubungan baik,” lanjut Didin, yang mengemukakan bahwa tujuan utama CAF adalah memperkenalkan sekaligus mempromosikan destinasi wisata di Kalsel.

Namun, Jambore CAF tidak hanya seputar perkemahan dan karavan. Akan ada juga kegiatan sosial, permainan, dan senam pagi. Partisipasi pada acara ini ditawarkan dengan harga tiket sekitar Rp25 ribu per peserta.

Rochman, selaku Ketua Pelaksana Jamnas CAF 2 Kalsel, menambahkan anak usia 5 tahun dapat berpartisipasi tanpa tiket, dan semua peserta akan mendapatkan akses ke fasilitas dasar seperti toilet, area parkir, serta kesempatan mendapatkan doorprize.

“Kami menyerukan kepada semua peminat dan penggemar camping untuk bergabung dalam acara ini. Ayo sukseskan bersama dan mari kita jalin keakraban melalui kegiatan berkemah ini,” tutupnya dengan semangat. (ful/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya