Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITAHulu Sungai Selatan

Gandeng Pangkalan LPG Kandangan Utara Pastikan Subsidi Pemerintah Tepat Sasaran

×

Gandeng Pangkalan LPG Kandangan Utara Pastikan Subsidi Pemerintah Tepat Sasaran

Sebarkan artikel ini
PENANDATANGAN MoU - Antara Pemerintah Kelurahan Kandangan Utara dengan pengusaha pangkalan gas LPG. (KP/M Hidayat)

Kandangan, KP – Pemerintah Kelurahan Kandangan Utara, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menjalin kerja sama dengan 2 pangkalan liquifed petroleum gas (LPG) bersubsidi.

Penandatangan memorandum of understanding (MoU), tentang penyaluran LPG antara Pemerintah Kelurahan dengan Pangkalan Adi (Hitro Mart) dan Pangkalan Ika Perwitasari, dilaksanakan Rabu (13/3/2024) di Kantor Kelurahan, Jalan Mawar.

Android

Lurah Kandangan Utara Muhammad Nizwar menjelaskan, Program Inovasi Penyaluran LPG Subsidi 3 kilogram untuk masyarakat miskin, sudah berjalan sejak 2 Oktober 2023, atau awal ia dilantik.

Muhammad Nizwar mengatakan, kerja sama tersebut bertujuan untuk memastikan gas tabung 3 kilogram bersubsidi, disalurkan tepat sasaran kepada masyarakat miskin yang membutuhkan.

Saat ini, sudah dikeluarkan 91 Kartu Penerima LPG Subsidi.

Pemilik kartu dapat membeli gas 3 kilogram seharga Rp 18.500, di 2 pangkalan yang telah bekerjasama tersebut saat penyaluran.

“Penyaluran dilaksanakan 3 kali dalam sebulan dengan total penerima LPG Subsidi sebanyak 91 orang,” sebutnya.

Lurah Nizwar mengaku bersyukur, 2 pangkalan tersebut berkomitmen dalam membantu masyarakat.

Dijelaskannya, pihaknya melakukan pendataan secara akurat, terhadap masyarakat miskin di Kelurahan Kandangan Utara yang berhak membeli gas bersubsidi.

“Data mencakup informasi tentang jumlah anggota keluarga, tingkat pendapatan, dan kriteria lain yang ditetapkan,” terangnya.

Selanjutnya, Pangkalan LPG melakukan verifikasi terhadap data penerima subsidi tersebut, untuk selanjutnya dilakukan penyaluran.

“Ini dilakukan secara berkala, sesuai dengan kebutuhan dan  jadwal penyaluran yang telah ditentukan, dengan memonitoring dan melakukan evaluasi,” tambahnya.

Monitoring dan evaluasi secara rutin, juga untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin timbul selama pelaksanaan program.

Ia berharap, melalui program inovasi tersebut, dapat memastikan bantuan subsidi pemerintah, tepat sasaran kepada masyarakat miskin yang berhak menerima. (tor/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Sri Huriyati Hadiri Pembukaan Expo BUMDes 2023 di Banjarbaru
Iklan