Iklan
Iklan
Iklan
BalanganBANUA KITA

Jebol Akta Kelahiran Sambangi ke Desa-Desa 

×

Jebol Akta Kelahiran Sambangi ke Desa-Desa 

Sebarkan artikel ini

Balangan, KP – Dalam rangka mendekatkan layanan langsung ke masyarakat untuk kemudahan pengurusan dokumen administrasi kependudukan khususnya akta kelahiran, maka Disdukcapil Kabupaten Balangan terus menerus melaksanakan kegiatan inovasi Jebol Akta Kelahiran saban tahun.

Plt. Kadis Dukcapil Hj. Ellyannor, Jum’at (15/3/2024) menjelaskan inovasi Jebol Akta Kelahiran adalah layanan akta kelahiran dengan cara jemput bola oleh petugas dari Disdukcapil Balangan mendatangi langsung ke tempat/desa.

Android

“Jebol Akta Kelahiran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta lahir terutama bagi penduduk yang kesulitan dalam pengurusannya diakibatkan jarak tempuh yang jauh dari kabupaten, kekurangan informasi mengenai syarat berkas yang dilengkapi serta tak kalah pentingnya  untuk meningkatkan kesadaran penduduk untuk tertib administrasi kependudukan,” ujarnya.

Lanjutnya, petugas dari Dukcapil mendatangi desa-desa yang sudah dijadwalkan melakukan layanan pengurusan akta kelahiran, petugas mencatat dan menerima berkas kemudian dilakukan verifikasi dan diterbitkan akta kelahiran. Dokumen akta kelahiran yang sudah selesai diantar kembali ke tempat atau dikirim file pdf ke petugas desa.

“Inovasi Jebol Akta Kelahiran sangat bermanfaat diantaranya meningkatkan kualitas pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada akta kelahiran. Meningkatkan cakupan akta kelahiran, menghindari calo dalam pengurusan akta kelahiran serta memudahkan dalam pengurusan layanan akta lahir secara gratis dan cepat, tepat guna dan tepat sasaran,” imbuhnya. (rel/K-6) 

Iklan
Baca Juga:  TMMD Berakhir, Prajurit 621 Manuntung Pamit Kembali Ke Kesatuan
Iklan