Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Dibuka Bupati, Ratusan Pambakal Ikuti Rakor

×

Dibuka Bupati, Ratusan Pambakal Ikuti Rakor

Sebarkan artikel ini
BUKA RAKOR - Bupati Saidi Mansyur membuka Sosialisasi dan Rakor Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa. (adv)

BUPATI H Saidi Mansyur membuka Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa, bertempat di Hotel Roditha, Banjarbaru, Senin (29/4).

Bupati Saidi mengatakan, desa merupakan wilayah yang diberikan kewenangannya sendiri untuk dapat mengatur sesuai kewenangannya.

Tetapi dalam pelaksanaannya harus dilakukan sinkronisasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Sehingga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Banjar sejalan dengan di desa berdasarkan kewenangan desa,” katanya.

Ditegaskannya, Pemkab Banjar memberikan dukungan penuh kepada desa, terutama yang berhubungan dengan percepatan pembangunannya, begitu juga terkait kesejahteraan aparatur pemerintah desa.

“Beberapa kebijakan anggaran telah diberikan kepada desa, baik itu usulan dari APDESI maupun memang kebijakan pemerintah daerah.

Ini bentuk perhatian dan dukungan kepada desa,” imbuhnya.

Lebih jauh, Saidi menekankan kepada para pambakal untuk selalu bersinergi dengan Lembaga Kemasyarakatan Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan lembaga lainnya dalam percepatan pembangunan di desa.

“Kepada perangkat daerah dan Camat yang berhubungan langsung dengan pemerintah desa agar selalu melakukan pembinaan dan pengawasan di wilayahnya masing-masing,” harapnya.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Syahrialludin menambahkan, banyak kebijakan dan dukungan diberikan Pemkab Banjar pada desa.

Mulai kenaikan Penghasilan Tetap (Siltap) dan tunjangan, kendaraan operasional, peningkatan sarana dan prasarana, perbaikan dan rehab kantor desa serta peningkatan kapasitas SDM sebagai wujud pembinaan pemerintah daerah pada desa.

“Semoga melalui rakor ini dapat mensinergikan kewenangan yang dilaksanakan Pemkab dan desa guna mewujudkan desa yang Maju, Mandiri dan Agamis,” tuturnya.

Rakor ini dihadiri Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyi, para Camat dan Pambakal. (adv/K-2)

Iklan
Baca Juga:  Kapolda Sebut Kalteng Berada di Zona Merah, Gagalkan Peredaran 23,8 Kg Narkoba
Iklan