Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINEOLAHRAGA

Indonesia Ukir Sejarah Lolos ke Perempatfinal Piala Asia U-23 Usai Hajar Yordania 4-1

×

Indonesia Ukir Sejarah Lolos ke Perempatfinal Piala Asia U-23 Usai Hajar Yordania 4-1

Sebarkan artikel ini
Tim nasional U-23 Indonesia mengukir sejarah lolos ke perempatfinal Piala Asia U-23 usai menghajar Yordania 4-1 dalam pertandingan terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (21/4/2024) dinihari. (Kalimantanpost.com/Instagram kabarsports)

QATAR, Kalimantanpost.com – Tim nasional U-23 Indonesia mengukir sejarah lolos ke perempatfinal Piala Asia U-23 usai menghajar Yordania 4-1 dalam pertandingan terakhir Grup A di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (21/4/2024) dinihari.

Gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinand dua gol, Witan Sulaiman dan Komang Teguh, sedangkan gol Yordania akibat bunuh Justin Hubner.

Kemenangan itu, Indonesia menjadi runner up Grup A dengan poin 6 dari dua kali menang dan satu kaki kalah, sedangkan Yordania menempati juru kunci poin 1.

Juara Grup A diraih Qatar dengan poin 7 usai bermain imbang tanpa gol melawan Australia. Australia menempati posisi ketiga dengan poin 2 dari dua seri dan sekali kalah.

Walau pun hanya memerlukan hasil seri, tim Indonesia tetap menurunkan kekuatan penuh dengan kehadiran Justin Hubner, Ivar Jenner, Nathan Tjoe A On dan Rafael Struick bekerja sama dengan Rizky Ridho, Muhammad Ferrary, Marselino Ferdinand, Witan Sulaiman, Arhan Pratama, Fajar Fathurrahman dan kiper Ernando Ary tampil sangat apik dan mendominasi permainan.

Sejak menit awal Indonesia tampil ofensif. Itu terlihat di menit 3 bek kanan Fajar Fathurrahman menusuk dari sisi kiri pertahanan lawan dan kemudian memberikan umpan kepada Witan dan meneruskan ke Rafael. Sayangkan tendangan pemain klub ADO Den Haag dari Belanda ini masih bisa di blok kiper Ahmad Juaidi.

Yordania yang bertekad meraih kemenangan untuk membuka asa lolos ke delapan besar melakukan serangan balik cepat melalui Aref Haitham di menit 8, tapi bola dengan cepat dipotong kiper Indonesia Ernando Ari.

Begitu juga tendangan Sief Darwish di menit 11 masih melebar dari gawang Ernando Ari.

Giliran Indonesia mendapat peluang emas melalui Rafael Struick. Lagi-lagi tendangannya lemah dan tepat dipelukan kiper Yordania.

Baca Juga:  Shin Tae-yong Akui Ada Perbedaan Kualitas Diantara Pemain Timnas U-23

Walau pun Rafael gagal mencetak gol, pemain nomor 11 ini memberikan andil besar di gol pertama Indonesia. Berawal tusukan dilakukan di kotak penalti dilanggar Mohammad Abu Taha. Wasit Ammar Ashkanani dari Kuwait menunjuk titik putih.

Marselino yang bertindak sebagai algojo mampu mengecoh kiper Ahmad Juaidi yang gagal mengantisipasi di menit 23.

Unggul 1-0, kepercayaan diri Indonesia semakin tinggi dengan terus menekan Yordania.

Hasil di menit 41, Indonesia menambah gol melalui Withan Sulaiman lewat kerjasama apik Rizky Ridho yang maju ke depan kemudian memberikan kembali ke Ridho. Center back Indonesia ini kemudian meneruskan ke Withan. Lewat tendangan ke sudut kanan gagal diantisipasi kiper Yordania.

Kedudukan 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Yordania bisa bangkit untuk memperkecil ketinggalan. Tembakan Ibrahim Sabra yang tinggal berhadapan dengan kiper Ernando di menit 66 masih kurang sempurna.

Asyik menyerang dimanfaatkan kelengahan lini belakang Yordania. Lewat kerjasama apik Pratama Arahan di berikan ke Marselino kemudian diumpan ke Witan. Lalu, Witan mengembalikan Marselino dengan melakukan sontekan berhasil menjebol gawang Yordania di menit 70 hingga berubah 3-0.

Yordania terus menggempur pertahanan Indonesia untuk memperkecil ketinggalan. Usaha itu membuahkan hasil di menit 78, tendangan Ibrahim berusaha dihalau Justin Hubner, tapi bola masuk ke gawang Indonesia. Kedudukan berubah menjadi 3-1.

Namun, Indonesia menambah gol melalui Komang Teguh memanfaatkan lemparan ke dalam Arhan Pratama dan berhasil disundul Komang di menit 85.

Hingga pertandingan berakhir kedudukan 4-1 untuk Indonesia tak berubah. (ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Senin (15/4/2024)

  • Australia vs Jordania 0-0
  • Qatar vs Indonesia 2-0

Kamis (18/4/ 2024)

  • Timnas Indonesia U-23 Vs Australia 1-0
  • Yordania vs Qatar 1-2
Baca Juga:  Shayne Pattynama Absen Lawan Vietnam, Pemain Abroad Indonesia Makan Bareng di Eropa

21 (21/4/2024)

  • Qatar Vs Australia 0-0
  • Yordania Vs Indonesia 1-4

Klasemen Akhir
Grup A

  1. Qatar 3 2 1 0 4-1 7
  2. Indonesia 3 2 0 1 5-3 6
  3. Australia 3 0 2 1 0-1 2
  4. Jordania 3 0 1 2 2-6 1

Iklan
Iklan