Iklan
Iklan
Iklan
POLITIKA

Jokowi Minta Capres-Cawapres Terpilih Harus Persiapkan Diri

×

Jokowi Minta Capres-Cawapres Terpilih Harus Persiapkan Diri

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (24/4/2024). (Kalimantanpost.com/Antara)

JAKARTA, Kalimantanpost.com –
Calon presiden dan wakil presiden terpilih yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus mempersiapkan diri agar bisa langsung bekerja setelah dilantik.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyikapi penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka oleh KPU di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

“Hari ini KPU menetapkan, artinya apa? (Calon) presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan-perencanaan yang sudah dikampanyekan untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja,” ujar Jokowi usai membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu.

Presiden mengatakan seluruh tahapan proses pemilu sudah hampir selesai. Proses sidang sengketa Pilpres juga sudah melahirkan putusan di Mahkamah Konstitusi.

Dia mengatakan seluruh pihak harus menghormati putusan MK tentang sengketa pemilu.

“Kita harus menghormati putusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat,” katanya.

Adapun pemerintah, kata Jokowi, akan menyiapkan agar transisi pemerintahan berjalan mulus dan baik, agar calon presiden dan wapres terpilih bisa segera bekerja setelah dilantik Oktober 2024 mendatang. Transisi pemerintahan itu akan disiapkan apabila diminta oleh calon presiden dan wakil presiden terpilih.

“Kita (pemerintah) itu menyiapkan agar transisinya itu bisa berjalan mulus dan baik sehingga (calon) presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik, kalau itu juga diminta dari (calon) presiden dan wapres terpilih,” kata dia. (Ant/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  KPU Minta Alat Pelindung Diri bagi Petugas dan Pemilih
Iklan