Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Normalisasi Jalan Pasar Lama Laut, PKL Digeser Ke Dalam Perumahan Warga

×

Normalisasi Jalan Pasar Lama Laut, PKL Digeser Ke Dalam Perumahan Warga

Sebarkan artikel ini
NORMALISASI- Pemko Banjarmasin menjadwalkan untuk melakukan normalisasi Jalan Pasar Lama Laut pada bulan mei mendatang. (KP/Mardianto)

Ada PKL yang dimasukkan ke dalam Pasar Lama, karena keterbatasan lahan Pasar Lama yg di miliki oleh Pemko Banjarmasin

BANJARMASIN, KP – Pemko Banjarmasin menjadwalkan untuk melakukan normalisasi Jalan Pasar Lama Laut pada bulan mei mendatang.

Normalisasi pedagang kaki lima (PKL) dimulai dari kawasan Jembatan 9 November atau Jembatan Pasar Lama hingga kawasan Jembatan Sulawesi.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan normalisasi untuk mengembalikan fungsi Jalan Pasar Lama Laut yang saat ini di gunakan PKL untuk berjualan atau berdagang sebagai jalur pemecah kemacetan di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Adapun SKPD yang terlibat, antara lain, Dishub (Dinas Perhubungan), Satpol-PP, DPUPR, DPRKP, BPKPAD, Disperdagin, Satlantas Kota Banjarmasin, Kec. Banteng dan Kel. Pasar Lama.

Lantas apa yang menjadi tugas disperdagin, Ichrom Muftezar menyebutkan tugas Disperdagin adalah melakukan pendataan kepada PKL yg berjualan, dengan data sebagai berikut, yakni pedagang yg berjualan di atas jalan, sebanyak 156 lapak dan rumah yg di jadikan sebagai tempat berjualan sebanyak 212 pedagang, dengan rincian 1 rumah bisa terdiri dari 2 hingga 4 pedagang.

Ditegaskannya, belum ada PKL yang dimasukkan ke dalam Pasar Lama, karena keterbatasan lahan Pasar Lama yg di miliki oleh Pemko Banjarmasin.

Sementara, untuk solusi jangka pendek, Disperdagin menghimbau PKL untuk tidak berjualan di bahu jalan, dikarenakan masih bisa mundur masuk ke dalam rumah yg di jadikan tempat jualan, tentunya dengan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemilik rumah.

“Kalau kondisi saat ini, kita tim kepada PKL masih melakukan sosialisasi, namun untuk pelaksanaan normalisasi dapat menghubungi Dishub Kota Banjarmasin” tutup Ichrom Muftezar. (mar/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Ibnu Sina Sambut Kedatangan Jemaah Haji Banjarmasin
Iklan