Iklan
Iklan
Iklan
ADVETORIALBanjarmasinLensa BanjarmasinTRI BANJAR

Pemko Banjarmasin Ingin Sambung Akses Siring Sungai Baru- Siring Muara Kelayan

×

Pemko Banjarmasin Ingin Sambung Akses Siring Sungai Baru- Siring Muara Kelayan

Sebarkan artikel ini
LOKASI SIRING- Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menginginkan Siring Sungai Baru dan Siring Muara Kelayan bisa segera tersambung pada tahun ini. (KP/Mardianto)

Banjarmasin, KP – Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menginginkan Siring Sungai Baru dan Siring Muara Kelayan bisa segera tersambung pada tahun ini.

Hal ini diungkapkannya usai melakukan peninjauan bekas taman bermain yang sudah dibongkar di Mall Mitra Plaza, Selasa (16/04/2024).

Menurutnya bangunan bekas taman bermain ini kontruksinya cukup kokoh sehingga bangunan yang terputus sepanjang 10 meter bisa langsung disambung.

“Tidak usah pakai tiang pancang, cukup pakai besi dilengkungkan begitu, bangunan ini masih cukup kokoh” sebut Ibnu Sina.

Sementara, untuk menyambungkan dengan Siring Muara Kelayan, bisa dilakukan dengan jembatan apung melewati bawah Jembatan Sudimampir atau melewati atas Jembatan Sudimampir dengan kontruksi mirip dengan JPO (Jembatan Penyeberangan Orang).

Untuk pembangunan Jembatan Apung bakal mirip dengan yang dibangun di bawah Jembatan Dewi.

Nilainya sekitar 3 hingga 4 milyar rupiah karena menggunakan bahan yang bagus dan cukup kuat.

Sementara, untuk biaya pembangunan mirip dengan JPO bakal memakan biaya hampir 2 kali lipat jembatan apung, karena kontruksi yang melewati jalan nasional.

Selain itu, perijinan nya cukup sulit karena melibatkan balai jalan dan pemerintah pusat.

“Kita sendiri sedang mengkaji apakah menyambungnya menggunakan jembatan apung atau lewat atas jembatan Sudimampir dengan kontruksi JPO, untuk memberikan akses dari Mitra Plaza menuju Swiss Bell Hotel” kata Ibnu Sina.

Tambahnya, dengan menyambungkan akses siring yang ada maka ada tambahan sebesar 1,5 kilometer dari 3,5 kilometer siring yang ada di Kota Banjarmasin.

Harapannya ada siring sepanjang 5 kilometer di Tepi Sungai Martapura yang bisa diakses oleh penggemar olah raga lari atau Fun Run.

“Kalau ingin melaksanakan even lari 5K, nantinya bisa menggunakan siring yang ada di tepian sungai Martapura” tutup Ibnu Sina. (mar/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Melanggar Tata Ruang Terancam Sanksi Pidana
Iklan