Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Didukung Presiden PB PBFI, Irwan Alwi Kalsel Tuan Rumah Kejurnas Binaraga 2024

×

Didukung Presiden PB PBFI, Irwan Alwi Kalsel Tuan Rumah Kejurnas Binaraga 2024

Sebarkan artikel ini
PRESIDEN PBFI : Irwan Alwi, didampingi H Imus dan Yudha Pribadi. (Kp/nafarin fauzy)

Banjarmasin, KP – Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Seluruh Indonesia (PBFI) Kalsel menjadi calon tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) binaraga 2024. Rencananya bakal digelar setelah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Medan.

“Keinginan menjadi tuan rumah Kejurnas Binaraga pasca PON XXI sudah disampaikan dan sedang diproses,” sebut Ketua Umum PBFI Kalsel H Mustohir Arifin yang kerap disapa H Imus saat pelaksanaan penataran Juri dan Pelatih Nasional grade B/A, Sabtu (25/5/2024) di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Saat ini, lanjutnya, juga tengah menggodok masalah waktu pelaksanaan Kejurnas Binaraga 2024. “Setelah PON Aceh-Medan merupakan timing yang tepat karena kesiapan para atlet masih fit. Hanya saja, tinggal menyesuaikan pelaksanaan Pilkada,” kata H Imus.

Pada prinsipnya, sambungnya, PBFI Kalsel sudah siap menjadi tuan rumah Kejurnas dipenghujung 2024. “Tentunya tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah melalui Dispora Kalsel,” ucapnya.

Sementara itu, Presiden PBFI Pusat Irwan Alwi membenarkan adanya keinginan Kalsel menjadi tuan rumah Kejurnas Binaraga 2024. “Saya juga berharap, Kalsel menjadi penyelenggara Kejurnas Binaraga nantinya yang akan memberi kesempatan bagi provinsi lain yang tidak bisa ikut PON XXI Aceh-Medan,” bebernya.

Mengingat, hanya 16 provinsi yang lolos PON XXI Aceh-Medan 2024. “Sekarang ini kita memiliki 34 Pengprov dari 38 provinsi. Melalui Kejurnas ini, menjadi media silaturahmi seluruh PBFI tanah air dengan berpartisipasi mengirimkan atletnya,” bebernya.

Yang perlu dipersiapkan, sarana dan prasarana. “Disini saya lihat cukup banyak hotel dan harga ekonomis yang akan digunakan sebagai venue,” pungkas Irwan Alwi.

Dalam kesempatan ini, PBFI Kalsel juga sedang melaksanakan pelatihan juri dan pelatihan pelatih nasion grade B/A yang diikuti 30 peserta daerii Kalsel dan Kalteng. Kemudian melaksanakan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Binaraga, Minggu (26/5/2024) di Rodhita, diikuti ratusan atlet dari Kalsel dan Kalteng.

Baca Juga:  Legenda Peseban NurrahmanMemprihatinkan, tak Ada Wasit dari Kalsel di Liga 1

“Para juri dan pelatih sangat penting memiliki sertikasi nasional demi kemajuan dan pengetahuan olahraha binaraga di Kalsel. Selama ini kita sangat minim juri dan pelatih yang memiliki sertifikasi nasional,” tutup H Imus.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel, Heru Susmianto menyambut gembira pelaksanaan penataran juri dan pelatih binaraga dan fitness yang diselenggarakan PBFI Kalsel.

β€˜β€™Ini akan menambah tenaga keolahragaan, sehingga nantinya Kegiatan binaraga dan fitness di Kalsel bisa melaksanakan dengan menggunakan sumber daya wasit juri dan pelatih secara mandiri,’’ papar Heru Susmianto.

Heru juga menjelaskan bahwa Dispora Kalsel akan memberangkatkan semua atlet yang lolos babak kualifikasi PON ke PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Turut memberikan sambutan, Ketum KONI Kalsel H Bambang Heri Purnama, diwakili Bidang Pendidikan dan Penataran KONI Kalsel, Shinta Bagong Sinaga. (nfr/k-9)

Iklan
Iklan