Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
MartapuraTRI BANJAR

Distan Gelar Sosialisasi Kurma MANIS

×

Distan Gelar Sosialisasi Kurma MANIS

Sebarkan artikel ini
KURMA MANIS - Distan Banjar gelar Sosialisasi Kurma MANIS di Mataraman dan Simpang Empat. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Program Kurma Manis Kabupaten Banjar merupakan pemberian pinjaman modal usaha yang digagas Bupati H Saidi Mansyur, ini untuk membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Perizinan Usaha Pertanian Dinas Pertanian Banjar H Abdul Basyid saat membuka Sosialisasi Kurma Manis di dua Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Mataraman dan Simpang Empat, Rabu (21/05/2024).

“Kita semua berterimakasih pada Bupati yang menggagas dan merealisasikan program KURMA MANIS ini di tengah-tengah masyarakat demi membantu meringankan petani menambah modal usahanya,” ujarnya.

Kepada peserta sosialisasi, Abdul Basyid mengharapkan untuk menyimak dan menanyakan hal-hal yang kurang paham terkait KURMA MANIS, semoga dengan program ini petani bisa memanfaatkan peluang tersebut sebaik-baiknya.

Narasumber Wiwin Suhartinah dari BPR Martapura Banjar Sejahtera menyampaikan, Kurma Manis terdiri dari dua kategori, yakni kredit mikro dengan plafon kurang dari sama dengan Rp 5.000.000 (tanpa agunan) dan kredit super mikro dengan plafon lebih dari Rp 5.000.000 s/d Rp 10.000.000 (dengan agunan).

“Akan tetapi kredit tersebut dengan jangka waktu pengembalian maksimal 12 bulan dan dibayarkan setiap bulannya serta catatan kolektibilitas lancar. Artinya tidak ada kredit macet,” katanya.

Kegiatan dihadiri Kasi, PPL serta pelaku usaha yang bergerak di sektor pertanian. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Caping Day, Mahasiswa Akper Kesdam Vl/Tanjungpura Bangun SDM Berkarakter
Iklan