Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATapin

Eksekutif dan Legislatif Sepakati Ranperda Penyelenggaraan Penanaman Modal Menjadi Peraturan Daerah 

×

Eksekutif dan Legislatif Sepakati Ranperda Penyelenggaraan Penanaman Modal Menjadi Peraturan Daerah 

Sebarkan artikel ini
Pj BUPATI TAPIN - Muhammad Syarifuddin dan Ketua DPRD Tapin H Yamani dan Wakil Ketua H Midpay Syahbani tandatangani kesepakatan bersama atas satu buah ranperda penyelenggaraan penanaman modal menjadi peraturan daerah. (KP/Abdillah)

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten sepakati Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggarana Penanaman Modal dijadikan Peraturan Daerah, hal itu setelah 5 lima Fraksi DPRD Kabupaten Tapin menyampaikan Pendapat Akhir fraksi-fraksi pada Rapat Paripurna. Selasa (30/4/2024) bertempat Gedung Dewan Tapin.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tapin H Yamani didampingi Wakil Ketua H Midpay Syahbani dan dihadiri Pj Bupati Tapin M Syarifuddin dan Sekretaris Daerah Tapin Sufiansyah serta Para Kepala Dinas, Staf Ahli Bupati di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin serta para anggota DPRD Tapin.

Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya Wahyu Nugroho Ranoro mengharapkan ranperda penyelenggaraan penanaman modal yang telah disepakati, dapat mengatur proses izin usaha dengan jelas dan transparan.

“Evaluasi untuk memastikan pelaksanaan raperda tersebut berjalan efektif, serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam proses perizinan dan pengawasan investasi,“ tegasnya.

Disamping itu pula perlunya insentif pajak yang seimbang untuk menarik investasi tanpa mengorbankan kebutuhan fiskal daerah, sehingga nantinya keberadaan ranperda tersebut dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin dalam sambutannya atas pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Tapin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD atas tanggung jawab dan komitmen bersama dalam menyelesaikan proses pembahasan sampai dengan terlaksananya persetujuan bersama terhadap rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan penanaman modal menjadi peraturan daerah.

Berharap dengan ditetapkannya menjadi peratuan daerah nantinya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan daerah dan mendorong kerakyatan pengembangan ekonomi serta mengolah ekonomi potensial menjadi kekuatan ekonomi riil dengan menggunakan dana yang berasal, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Baca Juga:  Perjanjian Kerjasama PKS SP2D Online di Tandatangani

“Sebagai tindak lanjut dari peraturan daerah ini, saya perintahkan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tapin untuk dapat segera menyusun dokumen perencanaan penanaman modal di daerah yakni berupa dokumen rencana umum penanaman modal daerah,“ katanya.

Selanjutnya mengingat dari berbagai catatan pertanyaan serta koreksi yang disampaikan dewan yang terhormat, akan kami tindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebagai tindak lanjut dari persetujuan bersama ini terhadap perda ini, sebelum ditetapkan dan diundangkan terlebih dahulu akan kami sampaikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan untuk memperoleh nomor registrasi peraturan daerah serta izin penandatangan peraturan daerah dari Menteri Dalam Negeri kepada penjabat kepala daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

“Semoga tahapan pemberian nomor registrasi dan izin penandatanganan peraturan daerah ini dapat berjalan dengan lancar sehingga peraturan daerah tentang penyelenggaraan penanaman modal ini dapat segera ditetapkan dan diundangkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Tapin dalam Lembaran Daerah Kabupaten Tapin,“ tutupnya mengakhiri sambutan.

Sebelum rapat paripurna berakhir terlebih dahulu dilakukan penandatangan bersama antara Pemerintah Kabupaten Tapin Pj Bupati Tapin dan Ketua DPRD Tapin dan Wakil Ketua DPRD Tapin atas persetujuan bersama terhadap Ranperda Penyelenggaraan Penanaman Modal dijadikan Peraturan Daerah. (abd/K-6)

Iklan
Iklan