Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATapin

Paman Birin Tutup Gelaran MTQ Nasional Ke 35 Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tapin

×

Paman Birin Tutup Gelaran MTQ Nasional Ke 35 Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tapin

Sebarkan artikel ini
Pj BUPATI TALA - Syamsir Rahman saat memimpin peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024. (KP/Rizky)

Rantau, KP – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin bertempat Panggung Utama MTQ Ruang Terbuka Publik Kawasan Rantau Baru. Kamis (2/5/2024) malam.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Prov Kalsel HM Thambrin, Ketua DPRD Tapin H Yamani, Pj Ketua PKK Tapin Masrupah, Bupati Dan Walikota Se-kalimantan Selatan serta Pimpinan Muspida Tapin.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan, momen penutupan ini kami atas nama pribadi dan pemerintah provinsi Kalsel mengucapkan terima kasih, kepada pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Tapin jajaran LPTQ, para dewan hakim, dan seluruh kafilah yang telah menyatu dalam satu tekad dan semangat untuk mensukseskan MTQ Nasional ke 35 ini.

“Kepada kafilah yang juara saya ucapkan selamat dan sukses semoga prestasi yang diraih akan menghantarkan ke prestasi ke tingkat nasional,” katanya.

Kita semua sangat bersyukur dan bangga penyelenggaraan. MTQ Nasional ke 35 ini sukses digelar, namun kesuksesan ini bukan hanya milik Tapi, bukan milik para juara, tetapi inilah kesuksesan kita bersama dalam upaya membumikan Alquran di Kalimantan Selatan.

“Semoga sukses prestasi oleh siapapun dan dari kafilah manapun akan menumbuhkan kesadaran kita bersama bahwa Alquran menjadi menu bacaan yang kita rindukan,” ucapanya.

Berharap usai gelaran MTQ ini kecintaan kita terhadap Alquran kitanya tak redup dan tak hilang. 

“Setelah MTQ ini, kerinduan kita untuk membaca Alquran kiranya tumbuh dalam diri kita masing masing bergema dalam lingkungan keluarga kita serta mewarnai kehidupan masyarakat kita dengan akhlak Alquran,” harapnya.

Insha Allah kehidupan kita akan selalu damai selalu tenang dan tentram dengan membaca Alquran.

Baca Juga:  Ribuan Warga Ramaikan Hari Jadi Tanah Laut

“Mari kita hidupkan kembali kebiasaan membaca Alquran sehabis sholat magrib seperti dimasa lalu, karena hiasan terindah dalam rumah kita adalah rumah yang didalam terdengar bacaan Alquran,” ajak Paman Birin

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalsel HM Thambrin menyampaikan, mlalui MTQ ini, kita tidak hanya berlomba dalam kefasihan dan keindahan tilawah, namun MTQ juga menjadi sarana penting dalam meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. 

“Untuk masa yang akan datang, mari kita kembangkan MTQ ini dapat terus maju dan menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Berharap semoga MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke-35 ini menjadi momentum yang berharga untuk kita semua masyarakat banua Kalimantan Selatan untuk lebih meningkatkan pemahaman dan kecintaan kita terhadap al-Quran, sebagai pedoman hidup dan sumber ilmu bagi umat Islam, memperkuat tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah.

Sementara Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengatakan, atas nama Pemerintah kabupaten Tapin saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang telah banyak memberikan perhatian/bantuan, bimbingan dan arahan dalam  penyelenggaraan MTQ Nasional Ke 35 di Kabupaten Tapin.

Selanjutnya juga ucapan terima kasih kepada panitia dewan hakim, forkompinda Kalsel, Forkompinda Tapin, perusahaan, dan masyarakat Tapin yang turut mendukung terselenggaranya MTQ Nasional Ke 35 Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tapin tahun 2024. Sehingga pelaksanaan MTQ dapat berjalan aman, lancar dan sukses.

Kami laporkan Paman Birin Gubernur Kalsel. Bahwa sejak dibuka gelaran MTQ ini,  sampai sekaran penutupan Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

MTQ Nasional ke 35 Tingkat Provinsi Kalsel telah melahirkan para pemenang juta pad masing-masing cabang dilombakan dan untuk itu saya mengucapkan rasa bangga,.selamat dan apresiasi atas prestasi yang telah diraih para qori-qariah, hafiz dan Hafizah, Mufassir mugassirah dan tentu saja kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih juara umum.

Baca Juga:  Genarasi Sehat Indonesia Unggul dan Tabalong Selalu Terdepan

Selanjutnya juga kami laporkan bahwa 32 kafilah terbIk dari berbagai cabang mendapatkan hadiah umrah.

“Jadi penyelenggara menyiapkan 32 hadiah umrah selain uang pembinaan yang terbaik dari berbagai cabang dilombakan dalam MTQ ini,” ujar Pj Bupati Tapin.

Usai di tutup, Paman Birin menyerahkan hadiah kepada Qari dan Qariah Terbaik 1 untuk golongan Dewasa dan Qari terbaik 1 kanak-kanak serta menyerahkan piala bergilir juara umum di raih Kontengan Kafilah Kabupaten Banjar yang di terima Wakil Bupati Kabupaten Banjar.

Selanjutnya untuk tuan rumah penyelenggaraan MTQ  Nasional ke 36 Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2025 berlangsung di Kabupaten Banjar. (abd/K-6)

Iklan
Iklan