Iklan
Iklan
Iklan
HUKUM & PERISTIWA

Pengusaha Tongkang Banua Diduga Ditipu Pengusaha Asal Jambi

×

Pengusaha Tongkang Banua Diduga Ditipu Pengusaha Asal Jambi

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Seorang pengusaha banua ditipu oleh pengusaha asal Propinsi Jambi, Sumatera, sehingga menelan kerugian mencapai Rp31 miliar lebih.

Persoalan tersebut kini merambah ke ranah hukum, dengan diadukan pihak terlapor dalam hal ini Arfandi Susilo alias Koh Apek seorang pengusaha asal Jambi kepada Polda Jambi, oleh penasihat hukum korban Akhmad Junaidi SH MH atas nama kliennya seorang pengusaha banua selaku korban dari PT Sinar Bintang Samudara (SBS).

Junaidi yang merupakan advokat warga Banjarmasin, mengatakan hal tersebut kepada awak media, Selasa (7/5/2024), di kantornya di Banjarmasin.

“Kerugian yang diderita klien kami tersebut sebagai pemilik tongkang PT SBS berawal ketika pengusaha Banua tersebut memiliki 10 buah tongkang dengan dikerjasamakan dengan AS, dengan perjanjian bagi hasil 70-30 persen, dan tongkang tersebut dioperasikan di Jambi,’’ ujar Junaidi.

Kejadian yang berawal di tahun 2022 tersebut, sampai sekarang tidak ada niat baik terlapor untuk memenuhi perjanjian yang dilakukan di hadapan notaris di Banjarmasin, sehingga akhirnya persoalannya diadukan ke Polda Jambi sebagai tempat kejadian perkara.

Lebih lanjut dikatakan Junaidi, pasal yang diduga dilanggar terlapor adalah dugaan Tindak Pidana Penggelapan UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 dan atau 378 KUHP.

Lebih jauh disebutkan, dari 10 tongkang milik pelapor ada empat yang jelas sudah di operasikan dengan mengubah nama tongkang tersebut, sementara enam tongkang lainnya masih dicari keberadaannya.

Empat tongkang yang nama sudah dirubah tersebut juga sudah dilaporkan pada instansi terkait di bidang perhubungan laut, dalam hal ini Syahbandar di pelabuhan Jambi (hid/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Pemuda Sok Jago Ditangkap Tim Patroli
Iklan