Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Perlunya Pengelolaan Perpustakaan di Kabupaten Batola Berstandar Nasional

×

Perlunya Pengelolaan Perpustakaan di Kabupaten Batola Berstandar Nasional

Sebarkan artikel ini
- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menggelar Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan yang ketujuh di Kabupaten Batola yabg digelar di Aula Dispersip setempat, Selasa (14/5/2024). (Kalimantanpost.com/Repro dispersipkalsel)

MARABAHAN, Kalimantanpost.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menggelar Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan yang ketujuh.

Kali ini berkolaborasi kembali dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batola yang digelar di Aula Dispersip setempat, Selasa (14/5/2024).

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batola Hj.Siti Raudatul Jannah, SKM usai membuka kegiatan menekankan pentingnya Akreditasi Perpustakaan untuk meningkatkan TGM dan IPLM siswa dan para pengelola perpustakaan dan masyarakat di Kabupaten Batola.

“Kami menyoroti perlunya pengelolaan perpustakaan yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) guna meningkatkan jumlah perpustakaan yang terakreditasi,” ujarnya.

Ditambahkan Raudatul, untuk menuju akreditasi, syarat utama harus mempunyai koleksi buku 1.000 judul 1000 eks dan mempunyai NPP Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

Selain itu, harus memenuhi sembilan komponen yaitu koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan.

Selanjutnya, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, inovasi dan kreativitas, tingkat kegemaran membaca dan indek pembangunan literasi masyarakat.

Sebagai narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, yang diwakili oleh Hj. Arbayah dan Abdillah, S.Sos, Fungsional Pustakawan Ahli Madya.

Sementara peserta sosialisasi sekitar 50 orangnberasal dari pengelola Perpustakaan sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA/sederajat, di Kabupaten Batola. (ful/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Milad Ke-74, HMI Perkuat Landasan Organisasi dengan Prinsip Keindonesiaan
Iklan