Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Sebanyak 1.600 Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin Telah Diberangkatkan ke Mekkah

×

Sebanyak 1.600 Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin Telah Diberangkatkan ke Mekkah

Sebarkan artikel ini
Jemaah Haji Kloter BDJ 05. (Kalimantanpost.com/Repro laman kemenagkalsel)

BANJARBARU, Kalimantanpost.com – Sebanyak 1.600 jemaah haji Embarkasi Banjarmasin telah diberangkatkan menuju kota Madinah sejak dimulainya pemberangkatan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 pada tanggal 12 Mei 2024 hingga Kloter 5 pada hari ini 17 Mei 2024.

“Untuk satu Kloter berjumlah 320 jemaah yang terdiri dari 315 jemaah dan 5 petugas Kloter,” kata Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr H Muhammad Tambrin, MMPd selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, dikutif dari laman Kemenag Kalsel, Minggu (19/5/2024).

Jemaah Haji Kloter BDJ 05 kata Tambrin berasal dari Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Barat dan Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 315 jamaah dengan 5 Petugas Kloter yang akan dibantu Petugas Haji Daerah (PHD). “Alhamdulillah semuanya sehat dan boleh berangkat,” katanya.

Jemaah BDJ 05 lanjut Tambrinditerbangkan dari Bandara Syamsudin Noor tanggal 18 Mei 2024 pukul 02.10 Wita dengan menggunakan pesawat Airbus 340 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA 8105 dan direncanakan mendarat di Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah tanggal 18 Mei 2024 pukul 10.10 WAS.

Dikesempatan tersebut Tambrin meminta kepada jemaah haji Kloter BDJ 05 agar menerapkan pola hidup sehat dan istirahat yang cukup, menghindari paparan sinar matahari secara langsung dengan selalu menggunakan alat pelindung diri dan alas kaki, minum air putih tidak menunggu haus supaya tidak dehidrasi, dan tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunah.

“Siapkan diri dengan menjaga kesehatan, hindari kelelahan yang berlebih dan focus untuk beribadah pada puncak Haji yaitu wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), karena cuaca di Arab Saudi tidak sama dengan di Indonesia, dan saat ini cuaca di Madinah maupun Mekkah mencapai 40 derajat selsius,” katanya di kegiatan yang dihadiri Ka.Kanwil Kemenag Provknsi Kalteng beserta jajaran, Tim Itjen Kemenag RI, para Pejabat di lingkup Pemprov Kalteng.

Baca Juga:  KPI Terkendala Pengawasan Penyiaran Pilkada 2020

Tambrin juga meminta kepada jemaah haji Kloter BDJ 05 untuk mematuhi aturan, baik dari Ketua Kloter maupun dari Tim Kesehatan yang membersamai jamaah di Kloter.

Diakhir sambutannya selaku Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin Tambrin mengucapkan selamat jalan, selamat menjalankan ibadah haji. “Semoga Allah selalu melindungi dan memberikan kesehatan dan menjadi haji yang mabrur,” harapnya. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan