Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BalanganBANUA KITA

Amalkan Nilai Luhur Pancasila Dalam Keseharian

×

Amalkan Nilai Luhur Pancasila Dalam Keseharian

Sebarkan artikel ini

Balangan, KP – Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan  mengajak masyarakat Balangan untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024.

“Hari Lahir Pancasila adalah momen penting untuk mengingatkan kembali bangsa Indonesia tentang esensi Pancasila sebagai dasar negara dan pedoman hidup bangsa,” katanya, kepada wartawan, Senin (03/06/2024).

Menurut dia, Pancasila dapat menjadi pedoman dalam menjaga orientasi kehidupan bangsa dan negara, mengingat Pancasila lahir pada 1 Juni 1945, merupakan rumusan dasar negara yang digagas para pendiri bangsa Indonesia.

Fauzan mengatakan, nilai-nilai egaliter Pancasila harus menjadi landasan bagi semangat kebangsaan yang menghargai kesetaraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nilai-nilai egaliter itu, ujarnya, menjadi penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang adil dan makmur, serta dapat membangun masyarakat yang lebih adil, sejahtera dan inklusif.

“Dalam proses perumusan Pancasila, menunjukkan semangat persatuan dan musyawarah mufakat rakyat Indonesia, demikian juga dalam melawan penjajah. Rakyat dari berbagai suku, agama dan golongan bersatu padu melawan penjajah,” imbuhnya.

Menurut dia, lahirnya Pancasila berhubungan erat dengan perjuangan rakyat Indonesia yang sarat dengan nilai-nilai kebangsaan dalam membangun egaliterisme dalam sejarah panjang bangsa Indonesia. (srd/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Chef Agus Sasiraangan Jadi Juri Lomba Masak di HSU
Iklan