Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Austria akan Bermain Berlevel Tinggi Redam Total Football Belanda

×

Austria akan Bermain Berlevel Tinggi Redam Total Football Belanda

Sebarkan artikel ini
Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman (mengangkat tangan) dan pelatih Timnas Austria Ralf Rangnick. (Kalimantanpost.com/Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Pertarungan sengit akan mewarnai pertemuan antara Timnas Belanda melawan Austria pada pertandingan terakhir Grup D Piala Eropa 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Selasa (25/6/2024) pukul 23.00 WIB.

Untuk bisa meraih tiket langsung ke 16 besar, Austria yang memiliki poin 3 dari dua kali main, wajib memenangkan pertandingan melawan Belanda. Kalau seri atau kalah, nasib Austria akan ditentukan dengan tim di grup lain diperingkat ketiga.

Sementara itu, Belanda hanya membutuhhkan hasil seri, sehingga poinnya 5 dan minimal menjadi runner up D di bawah Perancis jika bisa mengalahkan Polandia di partai terakhir.

Tekad menundukkan Belanda sekaligus melaju ke 16 besar sesuai pernyataan pelatih Timnas Austria Ralf Rangnick yang mengatakan jika mereka sudah tahu bagaimana Timnas Belanda bermain.

Dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa (25/6), Rangnick mengatakan Belanda akan menunjukkan identitas mereka yaitu dengan sering menguasai bola.

“Mereka memainkan gaya Belanda mereka, suka menguasai bola, suka mencari solusi dengan bola, kreatif, dan fleksibel,” ungkap mantan pelatih Manchester United tersebut.

Rangnick melanjutkan Austria sudah memiliki strategi untuk membendung permainan Belanda dengan memperagakan penampilan level tinggi, seperti yang mereka lakukan ketika takluk dari Perancis.

“Namun di sisi lain, jika kami bisa bermain pada level tertinggi melawan bola, memenangkan bola di area pertahanan mereka, memenangkan sebagian besar bola kedua, ini akan menjadi penting untuk performa kami sendiri,” terang Rangnick.

“Kami harus melakukannya lagi pada level yang sangat tinggi karena, secara individu, mereka hampir berada di level yang sama dengan Prancis,” sambungnya.

Mengenai pemain yang siap diturunkan, pelatih asal Jerman itu mengatakan hanya ada satu pemain yang harus absen yaitu Gernot Trauner imbas hukuman akumulasi kartu kuning.

Baca Juga:  Skotlandia Berebut Asa Lolos, Swiss Incar Tiket 16 Besar Piala Eropa 2024

“Sayangnya kami akan kehilangan Gernot Trauner, karena dia sedang dalam performa yang luar biasa dan bermain bagus di 60 menit pertama (melawan Polandia). Dia tidak akan tersedia besok (hari ini), tapi selain itu kami memiliki semua pemain yang siap bermain,” pungkas Rangnick.

Senada diungkapkan pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman memastikan jika timnya sudah tahu apa yang perlu dilakukan kontra Timnas Austria.

Koeman menjelaskan salah satu yang perlu perhatikan adalah bagaimana sikap mereka dengan atau tanpa bola.

“Kami harus menguasai penguasaan bola dengan baik, dan juga mengetahui kapan harus memainkan umpan panjang untuk keluar dari tekanan yang mereka berikan kepada kami,” jelas Koeman.

Mantan pelatih Barcelona itu melanjutkan, jika dirinya sadar laga kontra Austria akan berjalan sulit dan mereka tidak boleh memandang sebelah mata skuad asuhan Ralf Rangnick.

Koeman menjelaskan jika Belanda harus melihat bagaimana penampilan impresif Austria ketika takluk dari Prancis dan mengalahkan Polandia.

“Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit, karena Anda tidak bisa meremehkan Austria, terutama cara mereka memberikan tekanan kepada Anda, jadi kami harus sangat fokus dan konsentrasi saat menguasai bola,” jelas Koeman.

Saat ini Belanda menempati peringkat pertama klasemen sementara Grup D Euro 2024 dengan torehan empat poin dari dua pertandingan, unggul satu poin dari Austria di posisi kedua.

Torehan poin tersebut didapatkan oleh Belanda dengan mengalahkan Polandia 2-1 lalu hanya dapat menahan imbang Perancis 0-0. (Ant/ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup D
Senin (17/6) dinihari

  • Belanda vs Polandia 2-1

Selasa (18/6) dinihari

  • Perancis vs Austria 1-0

Sabtu (22/6) dihari

  • Polandia vs Austria 1-3
  • Perancis vs Belanda 0-0

Jadwal Pertandingan
Selasa (25/6) pukul 23.00 WIB

  • Perancis vs Polandia
  • Austria vs Belanda
Baca Juga:  "Allstar Kalsel VS Reborn FC, Duel para Lansia Semangat Muda"

Klasemen Sementara
Grup D

  1. Belanda 2 1 1 0 2-1 4
  2. Perancis 2 1 1 0 1-0 4
  3. Austria 2 1 0 1 3-2 3
  4. Polandia 2 0 0 2 2-5 0

Iklan
Iklan