Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tapin

BPKAD Tapin Ekspos Akhir Penyusunan Analisis Standar Belanja 

×

BPKAD Tapin Ekspos Akhir Penyusunan Analisis Standar Belanja 

Sebarkan artikel ini
FOTO BERSAMA - Ekspose akhir penyusunan Analisis Standar Belanja (ASB) dan penyusunan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK). (KP/Ist)

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Badan Keuangan Aset Daerah menggelar ekspose akhir penyusunan Analisis Standar Belanja (ASB) dan penyusunan Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) dikuti oleh semua satuan kerja perangkat Daerah Lingkungan Pemkab Tapin bertempat Hotel UGM Yogyakarta, Rabu (12/6/2024).

Ekspos dibuka oleh Penjabat Bupati Tapin yang diwakili Sekda Tapin Sufiansyah dengan menghadirkan tiga narasumber, yakni Gatot Hariyanto, Muhammad Firdaus dan Yudha Aryanda. Mereka dari PT Gama Multi Usaha Mandiri Universitas Gadjah Mada, selaku tenaga ahli atau narasumber penyusunan ASN dan HSPK. 

Penjabat Bupati Tapin dalam sambutanya di sampaikan sekda Tapin mengatakan, ASB merupakan standar untuk menganalisis anggaran belanja yang digunakan dalam suatu program atau kegiatan. 

“Di mana untuk menghasilkan tingkat pelayanan tertentu dan kewajaran biaya unit kerja dalam satu tahun anggaran,” jelasnya.

Sedangkan HSPK merupakan acuan biaya standar yang digunakan untuk menghitung biaya setiap unit dari berbagai jenis pekerjaan atau kegiatan yang akan dilaksanakan. 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses pengelolaan keuangan daerah yang dimulai dari tahapan perencanaan, penganggaran hingga pertanggungjawaban anggaran,” katanya.

Namun dalam proses perencanaan dan penganggaran berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku 

“Jadi dengan ekspose ini, sebagai upaya untuk menyusun dokumen ASB dan HSPK. Di mana Pemerintah Daerah ingin memastikan bahwa pengelolaan anggaran dan pelaksanaan kegiatan dapat cara efesien, transparan, akuntabel dan tepat sasaran,” tandasnya.

Berharap kepada seluruh jajarannya yang ikut ekspose, dapat mengikuti dengan sebaiknya dan memberikan masukan terkait dengan penyempurnaan draf dokumen ASB dan HSPK. 

“Kepada peserta bisa memberikan saran dan masukan dalam rangka penyempurnaan draf dokumen ASB dan HSPK ini,” pungkasnya.

Baca Juga:  Generasi Melenial Pelihara Ayam Sehat

Sementara Kepala Badan Keuangan Aset Daerah Tapin Haris Fadilah melaporkan, tujuan dari kegiatan ini adalah tersusunnya ASB dan HSPK Pemerintah Kabupaten Tapin Tahun Anggaran  2025 sehingga tercapainya pemahaman perangkat daerah tentang penerapan HSPK dan ASB dalam fase perencanaan dan penganggaran Tahun Anggaran 2025.

“Peserta kegiatan ekspos Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin TAPD Kabupaten Tapin, Sekretaris DPRD, Inspektur, Kepala Badan, Dinas, Direktur RSUD, Camat, Kepala Bagian dan Kepala Bidang,” sebutnya.

Kegiatan ekspose akhir penyusunan ASB dan HSPK TA 2025  dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada hari Rabu s.d Kamis tanggal 12 s.d 13 Juni 2024 mulai dari jam 08.00 WIB sampai selesai. 

Adapun yang menjadi tolak ukur keberhasilan acara ini diharapkan untuk dapat mempermudah seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran dan sebagai pedoman perangkat daerah dalam menyusun anggaran berbasis kinerja dan keterukuran output Tahun Anggaran 2025. (abd/rel/K-6)

Iklan
Iklan