Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGKuala Kapuas

Legislator Kapuas Apresiasi Pembangunan Jembatan Anjir

×

Legislator Kapuas Apresiasi Pembangunan Jembatan Anjir

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, di damping anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Ahmad Baihaqi (kiri) meresmikan jembatan Pasar Senin di Desa Anjir Serapat Tengah, Kilometer 11, Kecamatan Kapuas Timur, Selasa (4/6/2024). (ist)

Kuala Kapuas, KP – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ahmad Bahaqi, mengapresiasi pemerintah daerah setempat telah merealisasikan pembangunan jembatan Pasar Senin di Desa Anjir Serapat Tengah, Kilometer 11, Kecamatan Kapuas Timur yang telah rampung di kerjakan.

“Kami atas nama perwakilan yang mewakili masyarakat, akan terus menyampaikan aspirasi masyarakat, dan kami berterimakasih pemerintah daerah telah merealisasikan apa yang kami sampaikan, satu diantaranya telah dibangun jembatan ini,” kata Ahmad Bahaqi, di Kuala Kapuas, Selasa (4/6/2024).

Hal itu disampaikan legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, saat menghadiri peresmian jembatan tersebut, yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi, di Desa Anjir Serapat Tengah, Kilometer 11, Kecamatan Kapuas Timur.

Adanya jembatan ini, akan mempermudah akses masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari, mengingat jembatan kayu sebelumnya hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja.

“Sehingga, tentunya memperlancar mereka beraktivitas, apalagi ini merupakan kawasan pasar mingguan,” katanya.

Wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah pemilihan (Dapil) Kapuas V meliputi Kecamatan Kapuas Timur, Bataguh, Tamban Catur dan Kapuas Kuala ini, juga berharap masyarakat turut dapat merawat dan menjaganya dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR-PKP Kapuas, Yan Hendri Ale mengatakan pembangunan jembatan berkonstruksi baja ini dilaksanakan dalam tiga tahap dimana pada tahap pertama dimulai pada tahun anggaran 2019 pekerjaan yang dilaksanakan adalah pengadaan dan pemancangan tiang pancang.

Dilanjutkan tahap kedua pada tahun anggaran 2021 lanjutan pekerjaan pengadaan dan pemancangan tiang pancang.

“Serta pekerjaan bangunan bawah yaitu abutmen jembatan dan tahap III (ketiga) pada tahun Anggaran 2023 pekerjaan bangunan atas yaitu rangka baja, lantai jembatan dan timbunan oprit jembatan,” terangnya.

Baca Juga:  Said Lestari Fasilitasi Kerjasama Pengelolaan Lahan Gambut Pengembangan Agroforestry

Jembatan ini memiliki panjang 47 meter dengan lebar 5 meter yang merupakan jembatan dengan konstruksi rangka baja (Truss Bridge) dengan lantai jembatan slab beton bertulang dengan kelas jembatan C (short span).

“Konstruksi ini merupakan tipe standar yang dikembangkan dengan tujuan mempunyai umur pemakaian yang lebih lama dibandingkan tipe jembatan baja girder dengan total anggaran untuk tiga tahap pelaksanaan sebesar Rp9,4 miliar dengan sumber anggaran berasal dari APBD Kabupaten Kapuas,” demikian Yan Hendri Ale. (Iw)

Iklan
Iklan