Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
MartapuraTRI BANJAR

Lindungi Konsumen, DKUMPP Raih Penghargaan Nasional

×

Lindungi Konsumen, DKUMPP Raih Penghargaan Nasional

Sebarkan artikel ini
PIMPIN APEL - Kadis KUMPP I Gusti Made Suryawati memimpin apel gabungan lingkup Pemkab Banjar. (KP/RAKHMADI KURNIAWAN)

MARTAPURA, KP – Apel kerja gabungan lingkup Pemkab Banjar digelar dengan petugas dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), Senin (3/6/2024).

Bertindak selaku Pembina Apel, Kadis KUMPP I Gusti Made Suryawati yang dalam amanatnya menyampaikan terkait tugas, fungsi dan kerja perangkat daerah.

“DKUMPP menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang koperasi dan usaha kecil, urusan pemerintahan bidang perindustrian dan urusan pemerintahan bidang perdagangan,” ucap Made.

Made menjelaskan, guna mendukung pencapaian visi Bupati, Maju, Mandiri, Agamis pada misi SDM dan ekonomi, ada beberapa sasaran diemban, pertama meningkatnya koperasi berkualitas, seperti pengawasan, pelatihan perkoperasian, fasilitasi akses permodalan dan pemasaran koperasi.

“Kedua, meningkatnya usaha mikro menjadi wirausaha, seperti fasilitasi perizinan usaha mikro, ketiga meningkatnya kinerja sektor perdagangan, seperti revitalisasi pasar rakyat, monitoring stok dan harga dan keempat meningkatnya pertumbuhan industri pengolahan, seperti fasilitasi sertifikasi,” jelas Made.

Ditambahkannya, ada beberapa inovasi yang dilakukan guna optimalisasi kinerja DKUMPP, seperti Mamaline Plus, Gelang Anting Manis, Tangkap Adik Manis, dan Inovasi 2024 ini ada tiga, yakni Sop Banjar Manis, Plamanis Online dan Si Sakti Manis.

“Tahun 2023 DKUMPP menerima penghargaan Nasional perlindungan konsumen untuk kategori Pasar Tertib Ukur yang ke-7 kalinya, diserahkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Bandung, November 2023,” tambahnya.

Apel gabungan ini diikuti pejabat eselon II, III, IV, pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional dan seluruh aparatur lingkup Pemkab Banjar. (wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Peringati Hardiknas, Pemkab Banjar Serahkan Banyak Penghargaan
Iklan