Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Masuk Tahap Lelang, Pembangun Jembatan Kotabaru – Tanbu Dilanjut

×

Masuk Tahap Lelang, Pembangun Jembatan Kotabaru – Tanbu Dilanjut

Sebarkan artikel ini

Banjarbaru, KP – Pembangunan jembatan yang menghubungkan Daratan Kalimantan (Tanahbumbu) dengan Pulau Laut (Kotabaru) dilanjutkan lagi.

Tahun ini telah dialokasikan dana sebesar Rp500 miliar.

Terdiri dari APBD Pemprov Kalsel Rp300 miliar dan APBD Pemkab Kotabaru dan Tanbu masing-masing Rp100 miliar.

Dana tersebut digunakan membangum lanjutan bentang pendekatan di kedua sisi jembatan.

“Saat ini proses pengerjaan masuk tahap lelang.

Insyaallah bulan ini sudah kontrak,” jelas Pelaksana harian (Plh) Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Nor Hidayat, Senin (3/6).

Dikatakan pria yang akrab disapa Dayat, ini lelang yang dilaksanakan nilainya Rp500 miliar dana gabungan dari pemprov dan dua pemerintah kabupaten (pemkab). Dari anggaran tersebut dilelang menjadi dua paket kegiata, yaitu pembangunan bentang sisi Kotabaru dan sisi Tanbu. “Nilai yang dilelang Rp500 miliar untuk membangun jembatan pendekat dan pemasangan tiang pancang,” katanya.

Sementara itu, Kasi Bina Teknis Dinas PUPR Kalsel, Dedi Hidayat, menjelaskan pembangunan pada sisi Kotabaru lebih panjang jika dibanding sisi Tanbu. Proses pembangunan kali ini juga lebih banyak anggaran pada sisi Kotabaru.

Ia menjabarkan, pada sisi Tanbu dipasang tiang pancang bentang pendekat tanpa lantai dengan panjang 300 meter. Sementara dari sisi Kotabaru dibangun tiang panjang hingga lantai bentang pendekat sepanjang 450 meter.

“Dari desain bentang pendekat sisi Kotabaru memang lebih panjang dibanding sisi Tanbu.

Sisi Kotabaru 2 kilometer (Km) dan sisi Batulicin 1 Km.

Bentang pendekat yang sudah dikerjakan sisi Kotabaru 500 meter dan sisi Batulicin 250 meter,” ujarnya.

Dedi menjelaskan jembatan tersebut akan mempunyai panjang 3.750 meter. Panjang bentang utama 500 meter dengan ketinggian dari permukaan air 30 meter. Desai jembatan ini terjadi penyesuaian. Desain sebelumnya bentang tengah 750 meter dengan ketinggian 40 meter.

Baca Juga:  Dinas Pariwisata Kalsel Terus Promosikan Keunggulan dan Angkat Ekonomi Kerakyatan

Tahun depan direncanakan kembali dialokasikan anggaran yang lebih besar melanjutkan pembangun jembatan.

Dana yang akan dialokasikan sebesar Rp1 triliun.

“Dana 1 Triliun sudah kami usulkan. Dana tersebut digunakan kembali untuk menyelesaikan pembangunan bentang pendekat.

Dari tiang pancang hingga lantai jembatan,” kata Dedi.

Terkait kelanjutan pembangunan jembatan ini juga sudah disampaikan Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor pada peringatan puncak Hari Jadi ke 74 Kabupaten Kotabaru di Lapangan Siring Laut, Sabtu (1/6) malam.

Sahbirin juga menyampaikan, tahun 2025 Pemprov Kalsel akan kembali menganggarkan Rp 1 triliun untuk lanjutan pembangunan tersebut.

Upaya percepatan pembangunan jembatan penghubung Pulau Laut dengan Daratan Kalimantan, mewujudkan harapan selama ini diimpikan masyarakat.

Baik Kalimantan Selatan secara umum dan Kabupaten Kotabaru khususnya.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar Alaydrus diminta tanggapannya tidak menepis, tahun 2025 Pemprov menganggarkan Rp 1 trilun untuk pembangunan jembatan Kotabaru – Tanah Bumbu.

“Sudah disampaikan beliau (Gubernur) langsung bahwa tahun 2025 akan dikucurkan lagi Rp 1 triliun,” terang Sayed. (mns/K-2)

Iklan
Iklan