Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITATanah Bumbu

Pemkab Tanbu Peringati Hari Lahir Pancasila

×

Pemkab Tanbu Peringati Hari Lahir Pancasila

Sebarkan artikel ini

Batulicin, KP – “Mengusung Tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2024”, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) 1/6/2024 menggelar upacara memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1/6/2024. 

Acara yang dilaksnakan di Halaman Kantor Bupati di hadiri oleh berbagai unsur pemerintah Tanah Bumbu dan juga masyarakat setempat. Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi  melaui Sekretaris Daerah Kab Tanbu Ambo Sakka saat  bertindak sebagai inspektur upacara membacakan, menekankan sejarah dan makna Pancasila bagi bangsa Indonesia.

“Hari ini 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” kata Sekda. Sekda juga juga menyampaikan, pentingnya Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia, karena mengandung nilai-luhur  inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. “Keberagaman yang ada merupakan berkat yang di rajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” katanya.

Di Pidato tersebut juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Dalam momentum sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” Sebut Ambo Sakka. Sekda juga menyoroti peran penting Pancasila dalam menghadapi tantangan global, terutama dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi,karena itu pancasila diharap menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” tambah nya.

Untuk itu Sekda mengajak semua pihak memanfaatkan teknologi

secara bijaksana guna menyiarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Diakhir sambutan, Sekda  mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat Pancasila sebagai anugerah melalui peringatan Hari Lahir Pancasila. (han)

Iklan
Baca Juga:  Pisah Sambut Dandim 1022 / Tanah Bumbu
Iklan