Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Pertarungan Talenta Pemain Muda dan Berpengalaman Warnai Duel di Grup B Piala Eropa 2024

×

Pertarungan Talenta Pemain Muda dan Berpengalaman Warnai Duel di Grup B Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Pemain Kroasia Luka Modric (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol pada semifinal UEFA Nations League melawan Belanda di Stadion De Kuip Rotterdam, 14 Juni 2023. (Kalimantanpost.com/Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Pecinta sepakbola dunia kembali akan disuguhkan pertandingan menarik Piala Eropa 2024 yang akan bergulir pekan depan.

Dipertandingan pembuka Grup B Piala Eropa 2024 akan sangat menarik, karena bukan hanya soal dua tim besar yang bertanding, melainkan simbol pertarungan talenta muda melawan pemain berpengalaman.

Spanyol melawan Kroasia akan menjadi laga pembuka yang luar biasa di Grup B pada Sabtu (15/6) pukul 23.00 WIB.

Timnas Spanyol yang memiliki masa kejayaan pada periode 2008 sampai 2012 dengan dua gelar Eropa dan satu trofi Piala Dunia di masa itu, tak bertaring lagi setelahnya. Tim tersebut harus menunggu 11 tahun sebelum memenangkan trofi lagi, yaitu juara UEFA Nations League pada tahun lalu.

Kini, mereka menatap kompetisi Piala Eropa 2024 dengan harapan besar di tangan para pemudanya. Lamine Yamal adalah harapan besar Spanyol di Euro kali ini meski baru tampil beberapa kali untuk tim nasional. Pada Maret, ia memukau saat melawan Brazil, memberi Spanyol keyakinan bahwa mereka bisa bersaing untuk meraih trofi di musim panas ini.

Di belakang Yamal, terdapat talenta muda menjanjikan lainnya yaitu winger Athletic Bilbao Nico Williams. Sayangnya rekan setimnya di Barcelona Pau Cubarsi harus dicoret oleh pelatih timnas Spanyol Luis de la Fuente.

Gelandang bertahan Spanyol, Rodri Hernandez dari Manchester City, yang merupakan figur kunci dan pemimpin yang bijak di lini tengah sangat terkesan dengan Yamal. “Kita sudah melihat apa yang mampu dia lakukan. Tidak terlihat bahwa dia seusia itu ketika berada di lapangan,” kata pemain Manchester City tersebut seperti dikutip dari AFP.

Berkebalikan dengan Spanyol, Kroasia masih mengandalkan jasa dari bintang sepak bola paling sukses di Kroasia Luka Modric. Peraih Ballon d’Or 2018 dengan mengemban enam gelar juara Liga Champions adalah modal yang kuat bagi Kroasia untuk mengandalkan Modric yang kini berusia 38 tahun.

Baca Juga:  Duel Spanyol Lawan Kroasia, Adu Kesabaran dan Penguasaan Bola

Para ahli telah lama memuji Modric atas kebugaran fisiknya bersama dengan energi tak terbatas yang dia bawa ke lapangan meski usianya yang sudah tidak muda lagi. “Dia sangat menantikan bermain untuk Kroasia dan menjadi pemimpin kami,” kata Pelatih Kroasia Zlatko Dalic.

“Modric bermain untuk tim nasional karena tim masih membutuhkannya, dia tidak tergantikan dalam tim dan karena dia peduli dengan itu,” tulis harian Kroasia Vecernji List seperti dikutip AFP.

Surat kabar itu menyebut penampilan Modric yang akan datang di lapangan selama Euro 2024 sebagai salah satu “momen sepak bola yang paling dinanti” tahun ini.

Piala Eropa 2024 ini kemungkinan akan menjadi kompetisi internasional terakhir bagi Modric mengingat usianya yang menginjak 39 tahun pada September. Kendati demikian, Modric belum memberikan komentar resmi tentang masa depannya dengan tim nasional. (Ant/KPO-3)

Berikut jadwal pertandingan Grup B Piala Eropa 2024

  • Spanyol vs Kroasia
    Sabtu, 15 Juni 2024 pukul 23.00 WIB
  • Italia vs Albania
    Minggu, 16 Juni 2024 pukul 02.00 WIB
  • Kroasia vs Albania
    Rabu, 19 Juni 2024 pukul 20.00 WIB
  • Spanyol vs Italia
    Jumat, 21 Juni 2024 pukul 02.00 WIB
  • Kroasia vs Italia
    Selasa, 25 Juni 2024 pukul 02.00 WIB
  • Albania vs Spanyol
    Selasa, 25 Juni 2024 pukul 02.00 WIB

Iklan
Iklan