Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Portugal Taklukkan Finlandia 4-2, Italia ditahan imbang Turki

×

Portugal Taklukkan Finlandia 4-2, Italia ditahan imbang Turki

Sebarkan artikel ini
Selebrasi Ruben Dias (kedua kiri) setelah mencetak gol untuk Timnas Portugal dalam pertandingan ujicoba lawan Finlandia di Stadion Jose Alvalade, Lisbon pada Rabu (05/6/2024). (Antara/Kalimantanpost.com/Antara)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Timnas Portugal berhasil mengalahkan Finlandia dengan 4-2, sedangkan Italia ditahan imbang Turki 0-0 dalam laga persahabatan jelang Euro 2024.

Meski belum diperkuat Cristiano Ronaldo, Portugal berhasil menang berkat dua gol Bruno Fernandes, dengan dua gol lainnya dicetak oleh Ruben Dias dan Diogo Jota. Sedangkan Finlandia memperkecil ketertinggalan melalui gol Teemu Pukki yang berlangsung di Stadion Jose Alvalade, Lisbon pada Rabu (5/6/2024) dini hari WIB.

Tim asuhan Roberto Martinez berhasil membuka keunggulan pada menit ke-17 berkat gol sundulan Ruben Dias yang memanfaatkan sepak pojok Vitinha.

Portugal bisa memperbesar keunggulan pada masa injury time babak pertama melalui tendangan penalti Diogo Jota. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Selecao das Quinas melakukan sejumlah pergantian di babak kedua dan berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-56.

Permainan umpan cepat dituntaskan dengan tembakan keras Bruno Fernandes dari luar kotak penalti yang menjebol pojok kiri gawang kiper Lukas Hradecky.

Portugal gagal mempertahankan clean sheet setelah Finlandia mencetak dua gol dalam kurun waktu lima menit.

Pukki memperkecil skor jadi 1-3 pada menit ke-72. Menerima umpan dari Robin Lod, Pukki kemudian menusuk ke jantung pertahanan Portugal.

Pukki yang tinggal berhadapan dengan Sa tanpa kesulitan meneruskan bola menjadi gol.

Lima menit berselang, Pukki kembali mencetak gol. Pukki berhasil lepas dari kawalan lawan dan menerima bola dari Matti Peltola di luar kotak penalti Portugal.

Penyerang Minnesota United itu merangsek ke depan dan dengan mudah diteruskan menjadi gol. Skor menjadi 3-2.

Namun, Portugal bisa mencetak gol tambahan sekaligus memastikan kemenangan berkat gol brace Fernandes pada menit ke-84.

Baca Juga:  Alasan kurang persiapanTim Dayung Kalsel Gagal Penuhi Target

Gelandang Manchester United itu menerima bola dari Conceicao di kotak penalti sebelum menembakkan langsung ke gawang Hradecky.

Tidak ada gol tambahan hingga akhir laga sehingga Portugal berhak atas kemenangan pada persiapan pertama mereka jelang Euro 2024.

Sementara itu, Italia gagal meraih kemenangan saat ditahan imbang Turki 0-0 dalam pertandingan persahabatan lainnya di Stadion Renato Dall’Ara, Bologna pada Rabu dini hari WIB.

Meski mendominasi, Italia kesulitan untuk mengancam gawang Turki. Pada babak pertama, peluang terbaik Italia terjadi lewat sundulan Bryan Cristante yang membentur tiang.

Peluang Mateo Retegui masih bisa diamankan kiper pada awal babak kedua. Tim tamu merespons melalui peluang Baris Yilmaz dan Merih Demiral, yang belum mampu menjebol gawang tuan rumah.

Italia sempat menebar ancaman melalui Giovanni Di Lorenzo dan Giacomo Raspadori pada menit-menit akhir. Namun, tidak ada gol yang dihasilkan.

Skor kacamata bertahan sampai pertandingan berakhir. Italia selanjutnya masih akan beruji coba melawan Bosnia & Herzegovina pada 10 Juni, sementara Turki melawan Polandia sehari kemudian

Hasil pertandingan persahabatan pada Rabu (05/6):

  • Swiss 4-0 Estonia
    Steven Zuber 20′, Zeki Amdouni 47′,nNico Elvedi 63′,Xherdan Shaqiri 70′ (pen)
  • Romania 0-0 Bulgaria
  • Irlandia 2-1 Hongaria
    Adam Idah 36′, Troy Parrott 90+2′
  • Austria 2-1 Serbia
    Patrick Wimmer 10′,Christoph Baumgartner 13’/ Strahinja Pavlovic 35′
  • Portugal 4-2 Finlandia
    Ruben Dias 17′,Diogo Jota 45′ + 4′ (pen), Bruno Fernandes 56′, 84’/ Teemu Pukki 72′, 76′
  • Italia 0-0 Turki

Iklan
Iklan