Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Barito Selatan

Presiden RI Jokowi Sebut Stok Beras 1,7 Juta Ton, Kunjungi Gudang Bulog Buntok Kalteng

×

Presiden RI Jokowi Sebut Stok Beras 1,7 Juta Ton, Kunjungi Gudang Bulog Buntok Kalteng

Sebarkan artikel ini
-Presiden Joko Widodo saat menyapa warga Buntok, Barsel. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

BUNTOK,
Kalimantantanpost.com.
Usai kunjungi Pasar Beringin Buntok, Presiden RI Joko Widodo didampingi oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran meninjau Gudang Bulog Buntok Kabupaten Barito Selatan, Kamis (27/6/2024).

Agenda kunjungan presiden di Buntok, selanjutnya melakukan peninjauan Gudang Bulog Buntok, untuk memantau dan memastikan ketersediaan stok beras.

Dalam sambutannya di tengah warga Buntok, Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini Bulog memiliki stok beras 1,7 juta ton, dan stok yang tersedia di Bulog Buntok sebanyak 1.500 ton.

“Tapi memang, di seluruh dunia harga pangan semuanya naik, karena produksinya turun” kata Presiden.

Dijelaskannya, hal ini disebabkan karena terjadi gelombang panas dan kekeringan yang panjang di seluruh negara di dunia.

“Sehingga kita mendorong supaya produksinya naik dan hasil panennya lebih banyak,” ucapnya.

Kepala Bulog Wilayah Kalteng Budi Cahyanto mengatakan bahwa agenda kunjungan presiden ke gudang Bulog selain memastikan ketersediaan stok, berkaitan juga dengan penyaluran beras cadangan pangan, “serta ingin memastikan bahwa program ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya

Disampaikannya pula beras cadangan pangan telah disalurkan dari bulan Januari sampai Mei. “Pada hari ini disalurkan secara simbolis untuk bulan Juni 2024 kepada penerima bantuan pangan di Buntok,” tandasnya.

Ditambahkannya, selain itu presiden juga ingin memastikan stok di Bulog Buntok ada sebanyak 1.500 ton beras, dan ini cukup untuk tiga bulan, dan pak presiden menginginkan perputaran beras ini lancar dengan kualitas yang baik (tidak kuning, tidak berbau, berkutu dan lain-lain).

Pada kesempatan tersebut, salah seorang warga Jalan Asam Kota Buntok Rosida menyampaikan rasa syukur dan bahagianya atas bantuan beras yang diberikan, serta bisa bertatapan langsung dengan Presiden Joko Widodo pada saat kunjungan tersebut.

Baca Juga:  Sensus Penduduk Barsel Dimulai Awal September 2020

Hal yang sama disampaikan Salasiah warga Kota Buntok. “Terima kasih kepada Presiden yang telah berkunjung ke Kota Buntok, kami sebagai warga masyarakat sangat senang sekali. Harapannya ke depan semoga lebih maju dan bantuannya lebih banyak lagi,” ucapnya.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo juga menyerahkan secara simbolis bantuan beras cadangan pangan pemerintah kepada 500 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berada di Buntok.

Hadir mendampingi Presiden RI Joko Widodo yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi, dan Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan