Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Wagub Sebut Satu Suara Tentukan Masa Depan Pembangunan di Kalteng, Gelar Diskusi Publik Jelang Pilkada

×

Wagub Sebut Satu Suara Tentukan Masa Depan Pembangunan di Kalteng, Gelar Diskusi Publik Jelang Pilkada

Sebarkan artikel ini
-Wagub Kalteng Edy Pratowo. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo membuka Diskusi Publik Jelang Pilkada tahun 2024, yang bertemakan ”Mengawal Pilkada Serentak Kalteng 2024”, di Palangka Raya, Kamis (20/6/2024).

Gubernur melalui Wagub mengatakan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada merupakan pesta demokrasi yang patut disambut dengan penuh kegembiraan.

”Melalui digelarnya Pilkada tersebut, masyarakat dapat memilih pemimpin-pemimpin terbaik bagi keberlanjutan dan kemajuan pembangunan di daerahnya,” ujarnya.

Ditegaskan, salah satu yang perlu diwaspadai dalam setiap pesta demokrasi di tengah pesatnya digitalisasi dan media sosial, adalah rawan terjadi penyebaran hoaks (berita bohong) dan ujaran kebencian berbau SARA, yang berpotensi menimbulkan polarisasi yang dapat memecah belah keutuhan masyarakat.

Ia meminta semua pihak tidak terpengaruh ataupun terprovokasi dengan hal tersebut. Di sini peran penting insan pers, khususnya yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), tentu sebagian besar wartawan anggotanya sudah berkompeten.

“Memiliki peran sangat strategis dalam menangkal dan mengklarifikasi hoaks tersebut, serta mengedukasi masyarakat untuk selalu mengedepankan saring sebelum sharing,” ungkapnya.

Wagub juga mengimbau semua masyarakat Kalteng untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak tanggal 27 November 2024 mendatang.

”Karena satu suara kita akan menentukan masa depan pembangunan di seluruh wilayah Provinsi Kalteng dalam lima tahun ke depan,” tukasnya.

Ketua PWI Pusat Hendry CH Bangun mengatakan kegiatan diskusi publik tersebut sangat penting agar pemilihan Pilkada bisa berhasil dan terpilih kepala-kepala daerah yang akan membawa kemajuan bagi daerahnya masing-masing.

“Partisipasi masyarakat akan sangat tinggi apabila pers menjalankan tugasnya dengan baik. Informasi-informasi seperti tahapan-tahapan Pilkada dan rekam jejak masing-masing calon sangat penting untuk diberitahukan kepada khalayak,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kalteng M Zainal mengemukakan kegiatan diskusi publik ini merupakan bentuk kepedulian PWI Kalteng sebagai insan pers dan juga sebagai warga Provinsi Kalteng yang menginginkan agar Pilkada nanti bisa berjalan aman, damai dan lancar.

Baca Juga:  Harga Bahan Pokok Bergerak Naik

Dipaparkan, dengan digelarnya diskusi publik ini diharapkan semua stakeholders sadar akan pentingnya Pilkada Serentak Tahun 2024, yang harus berjalan lancar, damai dan tentram.

“Sehingga kehidupan masyarakat, aktivitas pemerintahan dan juga iklim usaha swasta dapat berjalan aman dan kondusif, serta terpilihnya pemimpin-pemimpin yang dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kalimantan Tengah,” paparnya.

Hadir unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kalteng, Ketua KPU Kalteng Sastriadi, Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi, serta mahasiswa se-Kota Palangka Raya. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan