Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Bantah Ada ‘Kudeta’ Terkait Pergantian Ketua KPU Banjarbaru

×

Bantah Ada ‘Kudeta’ Terkait Pergantian Ketua KPU Banjarbaru

Sebarkan artikel ini

BANJARBARU, Kalimantanpost.com – Struktur komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru mendadak berubah jelang tahapan Pilkada November 2024 mendatang. Sebelumnya, ketua KPU Kota Banjarbaru dipimpin oleh Rozy Maulana, dan kini digantikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Banjarbaru, Dahtiar.

Hal tersebut disampaikan dalam pernyataan resmi dari Komisioner KPU Banjarbaru, Dahtiar, yang menjelaskan dirinya menggantikan posisi Rozy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU Banjarbaru.

“Jadi saat ini kami memang dipilih sebagai Plt Ketua KPU Kota Banjarbaru, berdasarkan pleno rekan-rekan komisioner,” jelasnya.

Pergantian jabatan ini dilakukan sebagai upaya agar roda organisasi dan tahapan Pilkada tetap berjalan dengan lancar.

“Adapun terkait latar belakangnya, nanti pada waktunya kawan-kawan akan mengetahuinya sendiri,” tambah Dahtiar.

Terkait isu internal KPU, Dahtiar membantah adanya kudeta, dan menyatakan bahwa baik dirinya maupun Rozy masih dalam komunikasi yang baik.

“Jadi tidak benar ada kudeta ataupun sejenisnya. Kami di internal kompak dan solid, terutama dengan saudara Rozy Maulana. Komunikasi kami masih sangat baik di internal,” tegasnya.

Komisioner KPU Kota Banjarbaru, Normadina, menjelaskan bahwa perubahan tersebut sudah diketahui oleh KPU Provinsi Kalsel.

“Karena hirarki kami harus melapor. Jadi mereka (KPU Provinsi) juga sudah mengetahui perubahan ini,” ujarnya.

Posisi Ketua KPU Banjarbaru belum didefinitifkan, sehingga untuk keperluan Pilkada sementara dipimpin oleh Dahtiar sebagai Plt Ketua.

“Terkait kapan dan siapa yang nantinya akan ditunjuk sebagai ketua definitif, kami masih menunggu arahan dari (KPU) Provinsi,” jelasnya.

Pergantian kepemimpinan ini diharapkan tidak mengganggu persiapan Pilkada yang semakin mendekat.

KPU Banjarbaru berkomitmen untuk tetap menjaga netralitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya.

“Semua tahapan Pilkada tetap berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” tambah Dahtiar.

Baca Juga:  Pelari Asal Barabai, Kalsel Dina Aulia Bertarung di Gawang 100 Meter SEA Games Kamboja

Selain itu, KPU Banjarbaru juga memastikan bahwa segala persiapan teknis untuk Pilkada November 2024 sudah mulai dilakukan.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan semua berjalan lancar,” tutupnya.(Dev/KPO-3)

Iklan
Iklan