Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Tengah

Desa Ilung HST Juara Kedua Lomba SDGs Tingkat Nasional

×

Desa Ilung HST Juara Kedua Lomba SDGs Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini

BARABAI, Kalimantanpost.com – Kabar membanggakan untuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Desa Ilung dari Kecamatan Batang Alai Utara (Batara) ditetapkan menjadi juara kedua Tingkat Nasional Lomba SDGs (Sustainable Development Goals Center) Desa tahun 2024.

Prestasi tersebut tertuang dalam Pengumuman No:264/PRI.05.VII/2024 tentang Penetapan Hasil Seleksi Tahap Lima Lomba SDGs tahun 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten HST, Eddy Rahmawan mengaku bersyukur atas penghargaan tingkat Nasional untuk Desa Ilung Kecamatan Batang Alai Utara.

Eddy menyebut penghargaan tingkat Nasional tersebut berkat dukungan penuh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi terhadap pemberdayaan masyarakat dan desa di Kabupaten HST.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur atas penghargaan ini. Semua ini berkat dukungan Bupati HST, H Aulia Oktafiandi dan kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Desa juga masyarakat di Desa Ilung Kecamatan Batang Alai Utara,” ungkap Eddy, Jumat (5/0l7/2024).

Eddy juga menyampaikan penghargaan ini juga tidak terlepas dari dukungan berkelanjutan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Dinas PMD Provinsi Kalsel.

“Pemrov Kalsel terus mendorong pencapaian target pada masing-masing indikator SDGs,” kata Eddy

Eddy juga menjelaskan, sebelum Desa Ilung Kecamatan Batang Alai Utara menjadi juara kedua Lomba SDGs Tingkat Nasional, pada tahap awal Pemkab HST mengirim 21 desa hingga mengerucut menjadi dua desa HST yang mewakili regional Kalimantan yaitu Desa Pandawan dan Desa Ilung.

“Prosesnya sekitar enam bulan hingga sampai Desa Ilung ditetapkan sebagai juara kedua lomba SDGs Desa Tingkat Nasional tahun 2024,” jelas Eddy

Sementara itu, Camat Batang Alai Utara, Budi Haryanto juga berterimakasih atas dukungan Bupati HST H Aulia Oktafiandi dan jajaran Pemkab HST, serta seluruh unsur Forkopimcam Batang Alai Utara baik itu unsur Desa maupun Kecamatan yang sudah mengarahkan dan mendukung desa Ilung hingga berhasil menorehkan prestasi tingkat Nasional.

Baca Juga:  Masyarakat Antusias Vaksinasi Gratis

“Keberhasilan ini bukan akhir, namun baru awal dari pemberdayaan dan pembangunan yg berkelanjutan dan konsisten dari desa oleh desa dan untuk desa,” kata Budi

Budi mengharapkan, prestasi ini menjadi motivasi bagi desa yang ada di wilayah Kecamatan Batang Alai Utara, dan seluruh desa di Bumi Murakata untuk lebih optimal lagi melayani masyarakat, dengan selalu update data SDGs. (ary/KPO-3)

Iklan
Iklan