Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Forum Ambin Demokrasi Gelar Diskusi soal “Mewaraskan” Partai Politik

×

Forum Ambin Demokrasi Gelar Diskusi soal “Mewaraskan” Partai Politik

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Forum Ambin Demokrasi kembali gelar diskusi di Rumah Alam Sungai Andai Banjarmasin, Sabtu (6/7/2024). Kali ini tema yang diangkat soal “mewaraskan” partai politik.

Kenapa tema ini diangkat? Karena banyak anggapan partai politiklah yang paling bertanggung jawab terhadap situasi demokrasi saat ini.

Sebagian besar kendali, berada pada partai politik. Partai menentukan caleg, menentukan kandidat presiden dan kepala daerah, bahkan menjadi bagian dari penentu aturan main Pemilu itu sendiri.

Kualitas pemilih juga ditentukan oleh partai politik, sebab merekalah yang utama mesti melakukan pendidikan poltik. Bila tidak ada pendidikan politik, jangan salahkan money politik subur sesubur-suburnya. Jangan salahkan partisipasi berubah menjadi mobilisasi, sehingga pemilih menggunakan haknya tidak dengan segala kesadaran dan informasi yang lengkap menyangkut berbagai hal terkait politik. Atau, jangan-jangan itulah yang dikehendaki, money politik terus subur dan tidak ada kesadaran dari pemilih, agar kekuasaan hanya berputar di sekelilingnya saja, bahkan di bawah kendali oligarki yang memiliki banyak uang.

Partai politiklah jalan utama menuju kekuasaan politik, terutama lembaga legislatif, maka tidak ada pilihan, kecuali semua pihak bersama-sama mengembalikan hakekat, tujuan, tugas dan fungsi dari partai politik.

Mengembalikan pada tujuannya itulah yang kami sebut dengan “mewaraskan” partai politik. Karena selama ini jalannya sudah semakin tidak waras, tugas dan fungsinya tidak dijalankan sepenuh hati, bahkan seolah sengaja dikondisikan agar kekuasaan yang korup dan tidak berkualitas itu tetap langgeng.

Padahal, kalau partai politik tidak waras, jangan berharap mampu melahirkan dan mengkader pemimpin yang sanggup menjawab tantangan-tantangan besar yang menghimpit bangsa dan negara. Tidak mungkin beroleh pemimpin yang berfokus pada kesejahtraan bersama. Kondisi seperti itu hanya akan melahirkan para pencundang, penjilat dan penindas rakyat.

Baca Juga:  Masa Pencalonan Anggota Legislatif Pemilu 2024, Enam Bulan Tiga Hari

“Karena itulah, Ambin Demokrasi sebagai suatu forum masyarakat sipil, berkepentingan turut memperbincangkan keadaan senyatanya dari partai politik. Bila dimungkinkan, mendorong perbaikan, sesuai kemampuan yang dimiliki selayaknya komunitas masyarakat sipil,” ujar Noorhalis Majid, anggota Ambin Demokrasi.

Narasumber Pemantik yang diundang dalam diskusi ini adalah Prof Dr H Udiansyah, seorang akademisi yang mencoba menawarkan diri ke partai politik untuk ikut bertarung dalam pilkada. Hadir pula sejumlah tokoh sebagai peserta aktif, antara lain Dr Muhammad Effendy, SH, MH, dr IBG Dharma Putra, Drs Haris Makkie, MSi, Hairansyah, SH, MH, Berry Nahdian Furqon, Winardi Sethiono, Lidia Agustina, Suriani Haer, dan beberapa tokoh lainnya. (nau/KPO-1)

Iklan
Iklan