Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Selatan

Kader Kesehatan Desa se-Kecamatan Padang Batung Dibimbing Tangani Stunting

×

Kader Kesehatan Desa se-Kecamatan Padang Batung Dibimbing Tangani Stunting

Sebarkan artikel ini
BIMBINGAN - Peningkatan kapasitas kader Posyandu dan kader kesehatan desa se Kecamatan Padang Batung. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Pemerintah Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), melakukan pembinaan dan bimbingan bagi Kader Posyandu dan Kader Kesehatan di seluruh desa wilayahnya.

Kegiatan berlangsung sejak 10 Juni 2024, hingga 11 Juli 2024, yang bekerja sama dengan TP PKK Kecamatan, Pendamping Desa, Puskesmas, dan Balai Penyuluh KB, serta dukungan dari Pemerintah Desa.

Kegiatan yang digelar selama lebih dari satu bulan itu, bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam hal pencegahan, penanganan, dan percepatan penurunan stunting.

Para kader kesehatan mendapatkan pelatihan dan pembekalan, tentang pentingnya asupan gizi yang seimbang, cara-cara pencegahan stunting, pengukuran tinggi badan, serta penanganan kasus stunting yang ada di lapangan.

Selain itu, mereka juga dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan gizi anak.

Camat Padang Batung Ahmad Busairi mengucapkan apresiasi dan terima kasih, atas kerja sama yang solid antara berbagai pihak dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Semoga para kader kesehatan bisa lebih siap dan kompeten dalam menjalankan tugasnya di lapangan, sehingga angka stunting di Kecamatan Padang Batung dapat ditekan secara signifikan,” ucap Busairi.

Camat Padang Batung menjelaskan, kegiatan tersebut menggunakan dana desa, yang menjadi salah satu poin penting pada tahun 2024, untuk meningkatkan kapasitas kader kesehatan yang ada di desa.

“Semua desa telah melaksanakan kegiatan ini, dan kami berencana menjadikannya sebagai kegiatan rutin tahunan. Tujuan kami adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader Posyandu, serta kader kesehatan di desa yang saat ini terjun langsung membantu pelayanan kesehatan, mendukung tugas pemerintah dalam bidang kesehatan, dan menangani masyarakat dengan bantuan masyarakat sekitar,” terangnya.

Baca Juga:  Bupati HSS Beri Arahan Bagi CPNS Setda

Melalui terlaksananya kegiatan itu, Pemerintah Kecamatan Padang Batung berharap dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan sejahtera, serta generasi yang bebas dari stunting. (tor/K-6)

Bimbingan – Peningkatan kapasitas kader Posyandu dan kader kesehatan desa se Kecamatan Padang Batung.

Iklan
Iklan