Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Baca JugaLifestyleSeni Budaya

Museum Balanga Gelar Pameran Temporer Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

×

Museum Balanga Gelar Pameran Temporer Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

Sebarkan artikel ini
2 2

PALANGKA RAYA Kalimantanpost.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui UPT Museum Balanga mengadakan Pameran Temporer Pahlawan Nasional Tjilik Riwut, Senin (12/8/2024).

Pameran dibuka oleh Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Disbudpar Kalteng Agung Catur Prabowo, dilaksanakan pada tanggal 12 – 23 Agustus 2024 di Gedung Tjilik Riwut, Museum Balanga, Kota Palangka Raya.

Iklan

Pameran ini terbuka untuk umum dan bagi pengunjung yang ingin datang melihat Pameran Temporer Pahlawan Nasional Tjilik Riwut pada tanggal tersebut tidak akan dipungut biaya.

“Pameran bertujuan untuk memperkenalkan dan mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang sejarah perjuangan para pahlawan kita, salah satunya Tjilik Riwut,” kata Agung.

Hal itu dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman penjajah masa itu, dengan merintis terjun payang ke Kalimantan, yang dipimpinnya.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah melalui UPT Museum Balanga dalam upaya melestarikan nilai-nilai sejarah di Kalteng,” tandasnya.

Progam itu selaras dengan tugas dan fungsi UPT Museum Balanga Kalimantan Tengah sesuai dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 46 Tahun 2017, pada pasal 6 menyatakan Museum Balanga mempunyai tugas dan fungsi dalam pengelolaan dan penyajian benda koleksi museum.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari menjelaskan kegiatan Pameran Temporer Pahlawan Nasional Tjilik Riwut merupakan upaya pemerintah dalam pelestarian warisan sejarah perjuangan pahlawan, khususnya di Kalimantan Tengah.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat yang berkunjung ke Museum Balanga dapat mengembangkan pengetahuan serta nilai sejarah dari perjuangan tokoh Pahlawan Nasional kita, Tjilik Riwut,” ungkapnya.

Dikemukakannya, kegiatan tersebut juga mencoba memberikan warna baru tata pamer pada koleksi Museum Balanga, sehingga pengunjung yang datang tidak merasa jenuh dengan tata pamer koleksi yang sama.

Baca Juga :  Sukamta Mantan Bupati Tanah Laut Tampil di Orasi Ilmiah Wisuda STIA Bina Banua Banjarmasin

Selain tata pamer, pengunjung juga disuguhkan dengan narasi cerita yang baru melalui rangkaian koleksi yang ditampilkan, sehingga semakin menambah minat masyarakat untuk berkunjung ke Museum Balanga.

Pembukaan Pameran Temporer Pahlawan Nasional Tjilik Riwut tersebut turut dihadiri oleh anak dari Tjilik Riwut, yaitu Emilia Enon Herjani beserta suami Riwung Toemon. (drt/KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan